Affiliate marketing (pemasaran afiliasi) dan Influencer marketing memiliki persamaan yaitu sama-sama masuk kedalam marketing online, jika kita pelajari lebih lanjut affiliate marketing dan influencer marketing memiliki pendekatan masing-masing dan memiliki manfaatnya masing-masing, dan kedua hal ini sama baiknya namun kembali lagi pada kebutuhan perusahaan. 

Sekarang penulis akan menjabarkan lebih dalam mengenai affiliate marketing atau influencer marketing dan kamu dapat menentukan pilihan saat membuat strategi pemasaran bisnis kamu.

Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan bentuk pemasaran yang berfokus pada individu seperti Selebgram, Selebtwit, blogger, Vlogger atau bahkan selebritas, atau seorang individu yang memiliki banyak followers yang secara aktif mengunggah konten-konten kreatif mereka di media sosial. Ketika influencer memiliki banyak followers atau pengikut maka akan ada brand yang akan memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Sebuah studi Twitter menunjukkan bahwa tweet oleh influencer bersama dengan tweet oleh brand dapat meningkatkan niat beli 5,2 kali. Penelitian menunjukkan bahwa rekomendasi produk dari seorang influencer benar-benar dipercaya dan digunakan oleh calon konsumen dalam keputusan pembelian mereka. 

 

Keuntungan dari Influencer Marketing

1. Hasil yang efektif dan efisien

Studi yang sama menunjukkan bahwa pemasaran influencer adalah yang salah satu taktik social media marketing yang memiliki hasil efektif dan efisien dalam hal memperoleh pelanggan online dengan budget yang rendah. Bekerja sama dengan influencer sesuai dengan citra suatu produk atau brand, dan membantu suatu produk atau brand akses ke audiens target yang relevan.

2. Murah

Salah satu alasan utama mengapa beberapa perusahaan menggunakan influencer marketing adalah karena biayanya yang tergolong rendah. Dan dalam Influencer Marketing terdapat layanan Micro-influencer yang termasuk dalam kategori influencer yang memiliki followers lebih kecil tetapi dengan engagement tinggi dan memiliki rate harga yang lebih kecil dibandingkan Macro-influencer.

 

Affiliate marketing

Berdasarkan data dari IAB, Affiliate marketing adalah industri global yang bernilai lebih dari USD 12 miliar di tahun 2017. Bahkan terdapat 81% brand yang mengandalkan program pemasaran afiliasi ini.

Affiliate marketing populer di antara brand dan buzzer (pengunggah) karena menguntungkan kedua belah pihak. Affiliate marketing adalah bentuk pemasaran berbasis kinerja, yang berarti bahwa pengiklan hanya membayar apa yang mereka dapatkan, sementara penerbit yang berkinerja lebih baik diberi insentif oleh peningkatan pendapatan.

Seorang yang melakukan afiliasi (buzzer) akan dibayar atau mendapat komisi dengan menautkan ke produk bisnis dari situs web mereka. Ketika pengunjung melakukan pembelian atau melakukan transaksi di website merchant dan dari situlah affiliate (buzzer) mendapatkan bayarannya. Mereka para "buzzer" akan diberi URL unik yang perlu mereka tampilkan di blog, situs web, atau saluran lainnya.

 

Manfaat affiliate marketing untuk bisnis anda:

1. Membayar komisi kepada buzzer sesuai dengan hasil yang diperoleh

Afiliasi pemasaran adalah bentuk pemasaran yang relatif bebas risiko. Dalam afiliasi pemasaran kamu hanya membayar buzzer ketika penjualan benar-benar terjadi menggunakan tautan afiliasi yang seorang buzzer sebarkan melalui akun sosial medianya. 

2. Mudah diterapkan dalam bisnis anda

Afiliasi pemasaran adalah bentuk pemasaran yang relatif sederhana kamu cukup mengatur mekanisme untuk membuat URL unik pada setiap afiliasi dan melacak konversi.