Ilustrasi Influencer sedang posting sosial media (freepik.com)


Pengguna TikTok pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah FYP yang merupakan singkatan dari "For Your Page". FYP adalah halaman yang muncul pertama kali saat membuka aplikasi TikTok, pada laman ini berisi beragam konten video populer dan video konten yang berdasarkan riwayat tontonan yang kamu sukai. Pengguna TikTok disajikan dengan konten yang dikuratori oleh algoritma TikTok yang berdasarkan minat sehingga kamu mudah menemukan konten yang kamu cari dan sukai. 


Lalu, bagaimana konten kamu muncul dalam FYP? Yuk simak langkah berikut ini!


1. Membuat Konten Video Menarik dan Berkualitas Tinggi 


Ilustrasi Influencer sedang merekam video (freepik.com)


Konten muncul di FYP TikTok bergantung pada konten yang kamu posting. Membuat konten yang menarik dan relatable akan menarik banyak penonton. Selain itu, konten video yang diunggah berkualitas tinggi seperti video jernih, warna dan tulisan menarik, dan angle yang bagus tentu akan lebih memikat. Dalam membuat video kamu bisa menggunakan tripod sebagai pendukung agar video tidak goyang dan anglenya pun konsisten. 


2. Mengikuti Tren TikTok dan Fitur TikTok 


Ilustrasi trends design (freepik.com)


TikTok adalah sumber dari berbagai tren, sehingga tidak ada habisnya tren-tren di TikTok. Hal ini dikarenakan hampir setiap hari TikTok menghadirkan tren terbaru dan viral terutama dengan hadirnya fitur TikTok yang beragam akan menambah popularitas TikTok. Pilihlah tren TikTok yang sesuai dan buatlah serelevan mungkin dengan preferensi konten yang kamu buat.


3. Melakukan Interaksi Pengguna


Ilustrasi icon sosial media (freepik.com)

Melakukan interaksi adalah elemen penting dalam membangun engagement akun. Berinteraksi dengan memberikan likes, saling membalas komentar, dan lainnya akan semakin dikenal dan tertarik untuk menonton video konten kamu. Kamu bisa membalas setiap pertanyaan pada kolom komentar, menulis komentar pada video orang lain, dan memberikan likes. 


4. Gunakan Hashtag dan Sound Viral


Ilustrasi influencer membuat video (freepik.com)


Dalam membuat caption, jangan lupakan penggunaan hashtag. Mencantumkan hashtag atau tagar yang relate dengan konten kamu dan tagar yang sedang populer. Selain hashtag, kamu wajib menggunakan sound atau lagu yang sedang viral. Hal ini menjadi salah satu cara pengguna TikTok mudah untuk menemukan video konten kamu. Kamu bisa mencantumkan beberapa hashtag yang sesuai dengan konten kamu misalkan seperti #museumdate #arabiannight lalu menambahkan hashtag yang sedang populer seperti #fyp.



Ilustrasi hashtag fyp di TikTok (TikTok.com)



5. Kolaborasi dengan Content Creator Lainnya


Ilustrasi dua influencer membuat video (freepik.com)


TikTok adalah platform yang melahirkan berbagai content creator baru. Disinilah sebagai wadah kolaborasi dalam membuat konten-konten yang menarik. Tentunya dengan melakukan kolaborasi, konten video mu akan semakin dikenal karena menjangkau audiens lebih luas. Kamu bisa melakukan kolaborasi seperti membuat video challenge, tutorial, masak bareng dan lainnya dengan sesama pengguna TikTok atau influencer. 


6. Posting saat Prime Time


Ilustrasi jam (freepik.com)


Selain membuat konten TikTok, hal yang wajib kamu perhitungkan yaitu jadwal posting. Posting pada saat prime time atau waktu dimana penonton paling banyak menonton. Pada waktu tersebut, biasanya pengguna akan membuka aplikasi TikTok dan memungkinkan untuk kontenmu masuk ke FYP.  


Prime time pun selalu berubah, namun biasanya pada pukul 06.00 - 09.00, pukul 12.00 - 13.00, dan pukul 19.00 atau 22.00. Dilansir oleh (ponselio.com) kamu bisa memposting video pada hari Senin di jam 12.00 - 13.00, hari Selasa di jam 16.00 dan 19.00 - 21.00, hari Rabu di jam 11.00 dan 20.00 - 21.00, hari Kamis di jam 12.00, 16.00, dan 19.00 - 21.00, hari Jumat di jam 11.00 - 13.00, dan 19.00 - 22.00, hari Sabtu di jam 09.00, 11.00, dan 19.00 - 21.00, dan hari Minggu di jam 07.00, 08.00, 11.00, 16.00, 19.00 - 21.00. 


Itulah 6 langkah yang bisa kamu ikuti agar konten kamu muncul di FYP TikTok. Namun, patut untuk digarisbawahi bahwa tidak semuanya berhasil karena algoritma setiap pengguna berbeda-beda. Kamu wajib mengeksplor dan mencari mana saja yang berhasil untuk akun kamu. 


Kamu telah membuat banyak konten tapi belum pernah muncul di FYP? Atau sudah mengeluarkan banyak biaya iklan tapi hasilnya nihil? Wah, kamu nggak perlu khawatir lagi nih!

Yuk serahkan pada kami dan rasakan kemudahan dan manfaat dari layanan yang kami berikan pada package TikTok Management di SevenAds Indonesia. Segera konsultasikan bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!