Dapatkah Anda memikirkan kapan terakhir kali Anda melihat sesuatu dan Anda hanya perlu memberi tahu teman Anda tentang hal itu? Apakah Anda ingat memiliki pengalaman yang menyenangkan di sebuah restoran dan kemudian menceritakan tentang hal itu?


Pada dasarnya, pemasaran dari mulut ke mulut (WOM) adalah cara organik untuk menyebarkan informasi yang memanfaatkan komponen pemasaran viral, meskipun tidak seperti pemasaran viral, ini menyebar melalui saluran yang lebih alami. Dari mulut ke mulut adalah bentuk iklan atau promosi gratis (hanya satu alasan mengapa hal itu sangat penting). Ini dibagikan oleh pelanggan dan dipicu oleh peristiwa yang dialami pelanggan.


Konsumen mempercayai teman mereka. Inilah sebabnya mengapa pemasaran dari mulut ke mulut adalah sumber pemasaran yang paling berharga. Menurut sebuah studi Nielsen, 92% konsumen lebih percaya saran dari teman dan keluarga daripada iklan - statistik ini saja memperkuat kasus penggunaan dari mulut ke mulut.


WOM juga tidak berhenti hanya setelah satu interaksi. Satu orang akan memberi tahu orang lain, dan orang itu akan memberi tahu orang lain, kemudian orang itu akan melanjutkan rantai dan menyebarkan berita lebih jauh, menjadikannya kendaraan yang bagus untuk pemaparan dan distribusi - jika digunakan dengan baik.


Tentu saja, hal yang sama berlaku sebaliknya - berita negatif dapat menyebar dengan cepat, tetapi manfaat penting dari WOM di era terhubung adalah dukungan pribadi, yang tidak hanya lebih mudah tersedia, tetapi dipandang secara signifikan lebih berharga bagi konsumen modern. .


Begitu pentingnya WOM dalam pembangunan citra ataupun kepercayaan konsumen ke brand kamu. Pastikan kamu memiliki customer service yang terbaik sehingga bisa mendapatkan review dan pengalaman yang luar biasa bagi para konsumen.