Membahas mengenai Ads, mungkin kamu sudah tidak asing dengan Instagram Ads maupun Facebook Ads. Namun tahukah kamu kalau sekarang TikTok adalah salah satu platform media sosial yang sangat digemari oleh banyak orang. Untuk itu, tidak heran jika banyak brand dan marketer yang mencoba menggunakan TikTok ads sebagai salah satu media digital marketingnya.

TikTok Ads merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menjangkau audiens baru baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk brand. Semakin banyaknya jumlah jangkauan akan berbanding lurus dengan penambahan followers serta views terhadap video. Kira-kira apa aja yaa yang bisa diiklankan di Tiktok? Berikut beberapa idea untuk Tiktok Ads mu~

1. In-feed video

Pernahkah kamu melihat sebuah video promosi saat sedang scroll timeline? Nah, ini dinamakan in-feed video yakni iklan yang akan muncul dan juga berbaur dengan konten lainnya yang terdapat di FYP. ANda bisa memberikan like atau komentar pada iklan tersebut.

Nah, Iklan ini biasanya digunakan oleh brand besar untuk ikut bersatu dengan video yang sedang ditonton di timeline. Kamu bisa tahu bahwa itu sebuah iklan? Ada tulisan “promoted” dan tombol yang mengarahkan audiens untuk masuk ke link yang mereka buat.

2. Brand takeover

Saat sedang menonton video di platform TikTok, pasti diawali dengan sebuah video pendek berdurasi 3-5 detik dari sebuah brand. Nah, itulah yang disebut TikTok brand takeover. Di dalam iklannya, pengiklan bisa menambahkan link untuk menambah traffic ke halaman web atau profil mereka.

3. Hashtag challenge

Jika kamu singgah di halaman Discovery pada aplikasi TikTok, banyak sekali daftar hashtag diikuti dengan challenge yang diberikan. Ternyata hashtag ini bukan sekadar hashtag biasa, melainkan masuk ke salah satu jenis TikTok Ads.

Dengan menggunakan jenis TikTok ads ini, artinya Anda memberi tantangan untuk para konten kreator agar mereka bisa membuat video dengan tema tertentu. Lalu, video tersebut nanti harus disisipkan dengan hashtag challenge yang sudah ditentukan pada bagian captionnya. Hashtag yang menyamar jadi iklan ini dianggap ampuh untuk mengiklankan sebuah produk karena banyak pengguna yang terpancing ingin mengikuti challenge terbaru.

4. Branded augmented reality (AR)

Pernah menggunakan filter atau stiker lucu yang menunjukkan identitas sebuah brand? Ternyata ini salah satu jenis TikTok Ads yang sering digunakan sebagai media promosi. Selain untuk meningkatkan kesadaran pada sebuah brand, pembuatan filter dianggap bisa sekaligus promo gratis karena banyak pengguna yang menggunakannya tanpa dipaksa. Pastikan filter atau stiker yang dibuat unik dan menarik.

Jika ada banyak konten kreator yang menggunakan filter atau stiker yang dibuat oleh brand Anda, maka hal ini bisa Anda jadikan sebagai ajang promosi gratis. Untuk itu, ketika Anda menggunakan TikTok ads branded AR, pastikanlah filter dan stiker yang Anda buat tersebut menghibur pengguna. Bila tidak, maka otomatis mereka tidak akan mau menggunakannya.

5. Top view

TikTok ads top view ads adalah suatu iklan yang bisa dilihat oleh pengguna di puncak feeds mereka. Itu artinya, iklan yang Anda buat akan menjadi video pertama yang akan dilihat oleh pengguna TikTok di halaman feednya. Jenis TikTok ads ini sangat bagus untuk meningkatkan nilai brand awareness bisnis Anda. Selain itu, durasi dari iklan TopView ini juga cenderung lebih lama, yakni hingga 60 detik.

Nah, itulah 5 bentuk TikTok Ads yang bisa kamu praktikkan kepada brand mu. Jika kamu tertarik untuk mengenal lebih dalam mengenai TikTok Ads untuk brand kamu, yuk konsultasikan bersama SevenAds dengan mengirimkan email ke [email protected] atau klik contact us di website kami (sevenads.id)