Momen-momen hari peringatan atau hari besar seperti Lebaran, Natal, Imlek, Valentine, atau musim-musim tertentu seperti musim hujan, musim dingin, musim panas, dan musim-musim lainnya, akan identik dengan kemunculan penawaran produk atau jasa yang khusus diberikan pada momen-momen tersebut oleh para pelaku bisnis dari berbagai sektor. Segala kegiatan promosi yang dilakukan pada momen penting tersebut adalah bentuk dari Seasonal Marketing.
Seasonal Marketing adalah strategi promosi apapun yang dijalankan selama kurun waktu periode tertentu dengan mengikuti hari peringatan atau hari besar tertentu. Campaign seasonal marketing menawarkan keuntungan yang besar dibandingkan campaign secara reguler, baik bagi produsen maupun konsumen. Karena hari atau momen penting tersebut sudah menjadi benak di pelanggan, sehingga bentuk penawaran apapun yang diberikan memang sudah ditunggu-tunggu konsumen, sehingga tidak akan mengganggu mereka. Berikut beberapa manfaat seasonal marketing untuk bisnis kamu :
1. Meningkatkan Brand Awareness
Seasonal marketing bisa membantu untuk menarik perhatian calon konsumen baru dengan membuat promosi khusus selama jangka waktu yang berkaitan dengan satu musim, hari peringatan, atau perayaan tertentu. Dari promosi yang dibuat tersebut bisa meningkatkan kesadaran mereka atau brand awareness dari campaign yang dilakukan oleh bisnis kamu.
2. Memainkan Emosi Konsumen
Kalau kamu pernah liat series iklan sirup Marjan yang rutin ditayangkan selama bulan Ramadan, itu salah satu dari seasonal marketing yang dilakukan sebuah brand. Setiap ada momen Ramadan atau Idul Fitri, iklan yang dibuat Marjan pasti akan menceritakan jalan cerita tersendiri tiap tahunnya, yang memberikan pesan khusus tentang kebersamaan, kehangatan, dan kekeluargaan. Contoh tersebut merupakan salah satu manfaat dari seasonal marketing yang memberikan emosi khusus kepada konsumen atau calon konsumen. Pada akhirnya konsumen akan merasa terbawa dan ingat dengan suatu produk atau jasa yang berkesan bagi mereka, lalu melakukan pembelian produk atau jasa tersebut.
3. Menciptakan Kesan Urgensi dan Belanja Spontan
Membuat seasonal marketing, sama halnya dengan membuat urgensi kepada calon konsumen. Karena dengan menciptakan suatu promosi yang hanya diberikan pada saat waktu tertentu seperti diskon khusus selama bulan Ramadan, buy 1 get 1 selama hari Natal, penawaran kupon belanja akhir tahun, dll. Akan membuat pikiran konsumen merasa harus mengambil kesempatan tersebut untuk membeli produk-produk tertentu yang mereka inginkan dan memunculkan keinginan belanja spontan. Strategi ini akan memberikan banyak konversi dan penjualan kepada pelaku bisnis. Sehingga akan menciptakan keuntungan yang baik selama periode seasonal marketing yang dijalankan.
4. Meningkatkan Penjualan Produk
Pelaku bisnis pasti menginginkan keuntungan dari penjualan produk mereka. Penerapan seasonal marketing akan membantu meningkatkan penjualan produk pada musim atau waktu-waktu tertentu saja dalam setahun, promo menarik yang dibuat akan menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa kamu. Kebutuhan-kebutuhan akan suatu barang seperti minyak goreng saat bulan Ramadan, coklat saat valentine, kue kering saat Idul Fitri, semua itu menjadi contoh dari seasonal marketing untuk kesempatan kamu dalam meningkatkan penjualan produk
5. Meningkatkan Loyalitas dan Relationship dengan Konsumen
Dengan menjalankan seasonal marketing, strategi ini akan menunjukan bahwa kamu sebagai pemilik brand, peduli dengan hari-hari yang diperingati atau dirayakan oleh para konsumen dari berbagai kalangan. Dengan menyampaikan pesan khusus pada setiap campaign yang dibuat pada hari-hari peringatan tersebut akan membangun kedekatan dan loyalitas konsumen yang merasa diperhatikan dan dihargai.
Nah, kira-kira kamu tertarik untuk memanfaatkan seasonal marketing untuk brand kamu gak nih? Cukup banyak contoh yang bisa kamu temukan selain yang disebutkan di atas terkait seasonal marketing ini dan bisa kamu jadikan referensi juga lho. Kalau kamu masih merasa kesulitan untuk merencanakan seasonal marketing yang cocok dengan brand kamu, bisa kamu konsultasikan bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!