Brief adalah suatu hal yang kamu lakukan untuk memberikan gambaran mengenai garis besar yang kamu inginkan lengkap dengan poin poin penting mengenai permintaan tersebut. Dalam melakukan brief seperti ini, seseorang tidak bisa melakukannya secara asal-asalan.
Kamu harus mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam melakukan brief untuk influencer untuk memastikan bahwa seorang influencer akan bekerja dan menyusun skrip konten sesuai dengan yang kamu inginkan.
Background atau Pengantar Campaign
Cara melakukan brief influencer yang pertama adalah dengan memberikan pengantar kepada influencer. Kata pengantar yang mengawali kegiatan kamu dalam melakukan brief atau arahan, akan membuat influencer mempersiapkan dirinya untuk mendengarkan brief dari kamu dan mengetahui latar belakang dilakukan campaign tersebut.
Dalam tahap ini kamu dapat memberitahukan latar belakang, pengantar brief sebelum ke isi, tujuan campaign dan tujuan yang ingin dicapai dari campaign yang dibuat.
Campaign Overview
Campaign Overview menjadi cara melakukan brief influencer selanjutnya. Kamu harus selalu memperhatikan campaign overview dan menyampaikan brief berdasarkan hal tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seberapa efektif dan seberapa bagus efek dari hubungan kerjasama mu ini terhadap bisnismu.
Campaign SOW
Kemudian ada campaign SOW. Dalam hal ini, kamu harus menentukan aspek apa saja yang nantinya akan influencer sampaikan dalam campaign mereka, dan scope of work yang harus mereka lakukan. Kamu harus menentukan hal ini agar influencer bisa mengerti hal apa saja yang harus mereka penuhi agar sesuai dengan permintaan kamu.
Hal ini menjadi sangat penting karena ini berkaitan langsung dengan tingkat kepuasan kamu terhadap kinerja dari influencer.
Deadline Date
Hal yang terpenting lainnya adalah deadline atau batas waktu atau bisa sering juga kamu dengar dengan tenggat waktu merupakan batas waktu yang kamu berikan kepada influencer untuk menyelesaikan campaign yang mereka lakukan.
Ketika menyampaikan deadline, jangan tentukan secara sepihak saja. Berikan kesempatan kepada influencer untuk berpendapat terkait deadline yang kamu sampaikan. Dengan begitu, influencer bisa mengerjakan campaign dengan nyaman dan kesepakatan bisa tercapai dengan baik.
Brief Konten
Jelaskan sedetail mungkin mengenai jenis konten, durasi, tema, dan sebagainya sehingga influencer juga bisa mengetahui dengan jelas seperti apa konten yang kamu inginkan.
Di tahap ini, kamu harus menjelaskan do and don't dari konten yang ingin influencer buat untuk brand kamu. Contohnya seperti menggunakan baju yang sopan, tidak menutupi nama brand, memperlihatkan cara mengkonsumsi produk kamu dan lainnya yang menurut kamu wajib ada pada konten yang mereka buat nantinya.
Nah, itulah cara buat brief untuk Influencer yang baik dan benar. Kamu bingung dan butuh bantuan untuk memilih influencer yang tepat bagi Brand kamu? Konsultasikan GRATIS bersama SevenAds Indonesia. Caranya mudah kamu tinggal contact kami melalui email di [email protected] . Yuk Konsultasikan bersama kami!