Influencer Marketing memang menjadi pilihan yang terbaik untuk memasarkan merek kamu, meningkatkan kepercayaan bahkan meningkatkan penjualan. Namun, seperti yang kita ketahui rate influencer sangat beragam dan bisa dibilang tidak ada acuan harga yang pasti. 

Ada yang memiliki followers tinggi tapi harganya lebih murah, ada juga yang followersnya sedikit tapi harganya lebih mahal. Semuanya kembali lagi kepada kualitas dan harga yang telah ditetapkan oleh influencer tersebut. 

Sebagai marketer yang bijak, kamu harus memperhatikan banyak hal dalam pemilihan influencer, salah satunya adalah budget! Jangan sampai budget yang dikeluarkan melebihi budget yang telah disediakan atau bahkan malah boncos dan tidak membuahkan hasil apapun. Oleh karena itu, yuk ikuti tips dibawah ini untuk memilih influencer agar tidak over budget!


Lakukan riset terlebih dahulu

Hal terpenting dan tidak boleh kamu lewati yaitu lakukan riset terlebih dahulu. Lakukan pencarian melalui media sosial dan lihat siapa yang memiliki jumlah pengikut yang besar dan telah mencapai target pasar kamu. 

Jangan lupa perhatikan juga apakah mereka memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai merek kamu. Selain itu, perhatikan pula apakah mereka memiliki reputasi yang baik dan tidak terlibat dalam kontroversi atau skandal yang merugikan serta tidak sedang dalam kontrak eksklusif dengan kompetitor kamu.


Perhatikan engagement mereka dengan followersnya

Jumlah followers memang penting, namun kamu juga harus memperhatikan interaksi mereka dengan pengikut mereka. Coba lihatlah jumlah komentar dan likes pada postingan mereka dan apakah mereka memiliki respons yang aktif pada pengikut mereka. 

Jika influencer merespons dengan baik dan aktif pada pengikut mereka, ini menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan yang baik dengan pengikut mereka, dan merek kamu dapat memanfaatkan ini untuk mencapai target pasar kamu.


Pilih influencer dengan konten yang relevan

Pastikan konten influencer yang dipilih relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek kamu. Ini membantu memastikan bahwa influencer dan merek kamu memiliki audiens yang sama dan bahwa pengikut influencer memiliki minat yang sesuai dengan produk atau layanan kamu. Contohnya, jika kamu menjual produk kecantikan, maka kamu dapat memilih influencer yang memiliki konten seputar kecantikan dan perawatan kulit.


Perhatikan metrik kinerja influencer

Perhatikan rasio engagement rate dan jumlah pengikut. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa aktif pengikut mereka dan apakah mereka memiliki pengikut yang asli dan bukan akun palsu atau bot. Pastikan juga bahwa influencer memiliki tingkat konversi yang tinggi dan bahwa postingan mereka memiliki dampak yang besar pada pengikut mereka.


Tinjau konten yang diposting

Saat memilih influencer, pastikan untuk melihat jenis konten yang diposting oleh mereka. Jangan hanya melihat jumlah pengikut atau likes pada postingan mereka, tetapi pastikan bahwa konten yang dibuat berkualitas dan mampu merepresentasikan merek kamu.


On-Budget

Hal terpenting lainnya, pastikan masih sesuai budget marketing kamu ya! Cobalah untuk membandingkan harga influencer A dan B agar kamu dapat menentukan mana influencer yang lebih worth it dan sesuai dengan brand kamu. 


Mulai sekarang jangan pilih influencer dengan sembarangan lagi ya! Praktikan tips-tips di atas agar strategi marketing kamu tidak over-budget dan efektif untuk menggaet pelanggan baru!

Jika kamu kesulitan dalam menentukan influencer yang cocok untuk merek kamu, coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected] ! SevenAds dapat membantu kebutuhan influencer marketing yang cocok untuk merek kamu.