Bagi kamu yang bekerja di bidang sosial media, tentu banyak hal yang akan dikerjakan. Mulai dari pembuatan ide konten, eksekusi konten, dan upload konten ke sosial media yang kamu gunakan. Akan terasa sangat padat pekerjaan yang kamu lakukan jika tidak terorganisir dengan baik ditambah lagi dengan deadline yang ketat dan kamu mulai kehabisan ide, tentu kamu membutuhkan sebuah guideline untuk mengatasi semua hal tersebut. Solusinya bisa kamu dapatkan dengan membuat content pillar yang tepat untuk memudahkan proses pekerjaan kamu dalam pembuatan konten sosial media. Kita coba bahas terkait content pillar ini ya!

APA ITU CONTENT PILLAR?

Dalam konteks sosial media marketing, content pillar adalah sekumpulan tema, kategori, atau topik yang digunakan untuk menjadi acuan pembuatan suatu konten pada brand kamu dalam postingan sosial media. Content pillar yang kamu buat harus mencakup dan menyesuaikan dengan identitas, tujuan, nilai-nilai, positioning, maupun persona dari brand kamu. Karena tidak semua jenis content pillar bisa cocok untuk digunakan pada setiap brand, jadi perlu penyesuaian kembali dengan beberapa aspek sebelumnya.

Kesimpulannya, pembuatan content pillar akan memudahkan kamu untuk membuat konten yang tepat dengan melakukan pengukuran dan penentuan target pasar sesuai dengan bisnis yang dimiliki serta menyesuaikan ciri khas atau identitas dari produk atau jasa yang kamu miliki.

MANFAAT CONTENT PILLAR


Dari penjelasan sebelumnya, dengan membuat content pillar akan memudahkan kamu dalam pembuatan konten, tapi tidak hanya itu manfaat yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

Konten yang dibuat akan lebih terencana

Dengan menggunakan content pillar, kamu akan memiliki tema atau topik yang spesifik untuk dibahas dan dibuat menjadi konten. Ini akan menghemat waktu kamu untuk menentukan konten apa yang harus dibuat, serta akan mempermudah kamu dalam membuat konten yang lebih jelas dan bermakna.

Konten akan lebih konsisten

Konten yang kamu buat akan lebih terencana dan akan selaras dengan topik yang ada. Content pillar akan membantu kamu terhindar dari konten yang out of topic. Konten yang dibuat juga akan lebih terarah dan sesuai dengan identitas brand kamu. Perencanaan kalender konten media sosial juga akan menjadi lebih mudah dan sederhana ketika kamu sudah memiliki serangkaian tema konten khusus untuk dipelajari, dibuat, dan diteliti.

Audiens akan lebih mudah memahami konten

Content pillar akan membuat konten yang kamu buat lebih mudah dipahami oleh audiens yang melihat atau membaca konten kamu. Karena content pillar menjadikan suatu konten lebih terstruktur dan perencanaan dalam pembuatan konten yang matang akan menghasilkan konten yang mudah dipahami oleh pembacanya.

MEMBUAT CONTENT PILLAR

Ada beberapa tahapan dasar yang bisa kamu lakukan sebelum membuat content pillar. Dibutuhkan perencanaan yang matang dengan melakukan beberapa riset dan analisis untuk mengetahui konten seperti apa yang dibutuhkan atau harus kamu buat berdasarkan brand identity kamu.

Lakukan Riset Pasar

Dengan melakukan riset dari target pasar atau target audiens akan memudahkan kamu untuk memahami apa yang menjadi ketertarikan atau kebutuhan mereka terhadap brand kamu. Nantinya hal tersebut bisa menjadi acuan dalam pembuatan konten dalam penyampaian pesan dari brand kepada audiens.

Analisis Sosial Media

Pelajari konten-konten yang sebelumnya sudah kamu buat untuk sosial media brand yang kamu handle. Apakah performa di setiap konten sudah maksimal atau belum? Kategorikan mana jenis konten yang memiliki performa baik dan kurang baik. Penting untuk kamu ketahui terkait konten apa yang menarik bagi followers untuk menjadi catatan dalam pembuatan content pillar.

Perhatikan Aktivitas Kompetitor

Referensi untuk kamu mendapatkan ide pembuatan konten bisa didapatkan dengan melihat activation dan konten yang dibuat oleh brand competitor. Pelajari apa yang unik dan biasa mereka buat, jadikan catatan untuk kamu melakukan inovasi atau improvisasi terkait konten yang nantinya akan kamu buat dalam content pillar.

Rancang Content Pillar

Tahap terakhir saatnya kamu membuat content pillar untuk sosial media brand kamu sendiri. Rangkum semua yang sudah kamu lakukan sebelumnya untuk menentukan kategori konten apa yang baik dan sekiranya efektif untuk brand kamu. Perlu diketahui juga bahwa content pillar yang kamu buat akan memerlukan trial and error dalam penggunaannya. Jika sudah, saatnya kamu membuat konten yang keren dan unggah melalui sosial media yang kamu punya.

Semoga pembahasan terkait content pillar di atas sudah cukup membantu kamu ya! Jika masih memiliki kendala atau memerlukan bantuan terkait pembuatan konten sosial media, kamu bisa langsung menghubungi SevenAds Indonesia untuk berkonsultasi terlebih dahulu melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!