Jika kamu memiliki bisnis, produk, jasa atau layanan yang dipasarkan atau dipromosikan melalui media sosial Instagram, kamu pasti pernah mendengar kata reach. Yap! Reach adalah suatu jangkauan yang mengacu pada jumlah akun yang telah melihat suatu konten. Reach sendiri menargetkan akun-akun unik di dalam sebuah tayangan atau postingan Instagram kamu. Jadi, jika 100 akun telah melihat konten mu, maka artinya kamu mendapatkan reach sejumlah 100 dalam postingan itu.

Ketika mempromosikan produk di Instagram, tentunya kita ingin ada banyak orang yang melihat dan membeli produk kita. Namun, hal ini akan sulit dicapai apabila reach dari konten yang kita posting tidak cukup luas dan hanya menjangkau followers saja. Maka dari itu, kamu harus pahami dulu bagaimana cara meningkatkan Instagram Reach agar postingan produk mu bisa menjangkau lebih banyak orang!

Cara meningkatkan Instagram Reach

Hal penting dalam meningkatkan Instagram reach adalah memahami cara kerja algoritma Instagram yang nantinya dapat membantu untuk menaikkan Reach account di Instagram.

Manfaatkan Berbagai Fitur di Instagram

Dengan banyaknya pengguna Instagram yang terus bertambah setiap harinya menjadikan Instagram terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai fitur baru yang bisa digunakan oleh penggunanya. Kehadiran fitur-fitur seperti foto, video, reels, IG Story, dan IG TV bisa digunakan oleh para pengguna dan juga content creator untuk membuat berbagai macam konten yang variatif.

Memaksimalkan Penggunaan Caption

Meskipun visual menjadi daya tarik utama di Instagram, namun keberadaan caption juga tidak kalah penting di setiap konten yang diunggah. Hal ini dikarenakan caption yang baik dapat membantu pengguna Instagram dalam memahami isi konten dengan mudah serta melakukan kegiatan yang kamu minta, seperti membeli produk atau mengikuti campaign yang dilakukan.

Tidak hanya itu, penggunaan caption juga membuat pengguna Instagram melakukan interaksi di setiap konten kamu, sehingga bisa menaikkan tingkat engagement konten. Nah, semakin tinggi jumlah engagement yang di dapatkan, maka Instagram reach kamu akan semakin luas juga!

Gunakan Instagram Branded Content Tags

Mengetahui banyaknya influencer di platform ini, maka Instagram mengeluarkan fitur kolaborasi untuk influencer, yakni Instagram Branded Content Tags. Saat melakukan kolaborasi atau promosi dengan influencer tentunya kamu ingin nama akun Instagram kamu juga dipajang, sehingga membantu meningkatkan brand awareness serta jumlah followers akun mu. Terlebih jika influencer yang kamu ajak tersebut memiliki pengikut (followers) yang royal dan loyal, maka kamu juga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Maksimalkan Profil Instagram Kamu

Profil Instagram merupakan hal yang paling pertama yang dilihat oleh calon konsumen mu. Pengisian Instagram profil dengan identitas yang lengkap dapat mempermudah konsumen dalam menemukan akun mu saat mencari topik tertentu di Instagram.

Penggunaan Instagram profil juga dapat membedakan akun kamu dengan akun kompetitor lain. Hal ini dikarenakan saat pengguna Instagram mengikuti satu akun Instagram dengan topik dan minat tertentu biasanya akan muncul rekomendasi akun Instagram lain dengan tema yang sama. Oleh karena itu, memberikan identitas Instagram profil yang lengkap dapat membantu akun kamu agar mudah ditemukan oleh calon konsumen yang kamu inginkan.

Nah, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram, menuliskan caption yang relevan dan menarik, serta memaksimalkan profil Instagram kamu, kamu dapat membuat calon konsumen tertarik untuk mengunjungi akun mu dan membeli produk yang kamu tawarkan!

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mempromosikan bisnis atau produk yang kamu jual, kamu bisa coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected] !