Konsumen Tuh Ngalamin Choice Overload!
Dari point of view konsumen, makin banyak pilihan untuk satu kebutuhan sebenarnya makin bagus. Hal itu karena mereka bisa membanding-bandingkan mana yang lebih cocok untuk mereka, baik dari segi penggunaan maupun harga. Tapi, situasi yang disebut choice overload ini nggak baik buat brand. Dampak negatif dari choice overload bagi brand adalah:
- Penjualan bisa berkurang
- Loyalitas konsumen ke brand jadi rendah
- Ada kemungkinan resiko produk dikembalikan
- Konsumen jadi lebih lama ambil keputusan
- Kepuasan konsumen jadi menurun
Coba Teknik FUD
Nah, untuk mengatasi kompetitor yang makin banyak dan situasi choice overload ini, kamu bisa coba teknik FUD untuk brand kamu! Sederhananya, teknik FUD adalah trik untuk “nakut-nakutin” konsumen biar mereka lebih pilih produk yang lebih aman daripada produk yang paling bagus.
Teknik FUD bertujuan mengundang rasa takut, tidak pasti, dan ragu dari konsumen kamu mengenai produk dari kompetitor, baik ngomong secara langsung maupun nggak langsung. Dari rasa takut, tidak pasti, dan ragu itu, kamu bisa “memanipulasi” konsumen untuk membeli produk kamu. Kalimat-kalimat yang memungkinkan untuk kamu gunakan agar teknik FUD ini berhasil adalah:
- “Yakin mau beli yang lain? Emangnya materialnya sebagus ini?”
- “Ngapain beli yang mahal tapi kualitasnya nggak terjamin?”
Contoh Penggunaan Teknik FUD
Aqua vs Le Minerale
Kedua brand air mineral itu pernah “perang iklan” dengan secara tidak langsung membandingkan kekurangan air galon kompetitor dengan kualitas air galon milik masing-masing. Saat Le Minerale mengedepankan galon plastik mereka yang selalu baru dan tidak menyimpan bakteri, Aqua mengedepankan galon mereka yang bisa digunakan berkali-kali dan bisa menjadi salah satu kontribusi mengurangi sampah plastik.
Apple vs Microsoft
Kedua brand tech ini juga sering menggunakan teknik FUD untuk menarik perhatian konsumen. Apple sering mempromosikan bahwa produk mereka jauh lebih terlindungi dari ancaman siber, seperti virus dan malware. Pada lain sisi, Microsoft beberapa kali menyatakan bahwa pengguna perangkat lain memiliki kemungkinan untuk mengalami kekurangan akses ke perangkat lunak tertentu.
Itulah sekilas mengenai teknik FUD. Kalau kamu tertarik menggunakan teknik ini, jangan berlebihan ya! Meski bisa menarik banyak konsumen, teknik ini juga bisa mengakibatkan backlash kalau kamu terlalu berlebihan. Kalau kamu masih ragu bagaimana caranya agar teknik FUD yang akan kamu eksekusi tidak membahayakan brand kamu, yuk konsultasi dengan SevenAds melalui email [email protected] atau cek website SevenAds untuk info lebih lanjut.