Dalam bekerja, teamwork merupakan salah satu aspek terpenting dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan mencapai tujuan yang telah ditujukan. Tiap-tiap orang di dalam teamwork memiliki status yang sama penting dalam memahami peran dan tujuan serta saling berhubungan satu sama lain melalui pemimpin yang telah ditunjuk.

Teamwork atau kerja sama tim merupakan sinergi positif melalui upaya yang terkoordinasi dan usaha-usaha yang dilakukan anggota tim menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada masukan individual tiap-tiap anggota. Teamwork adalah seperangkat pengalaman, tindakan dan perasaan masing-masing anggota tim yang saling terkait yang dibutuhkan untuk proses koordinasi dan pencapaian tujuan tugas tim.

Fungsi Teamwork

Meningkatkan produktivitas

Saat anggota melakukan kerja sama mereka dapat membagi tugas dan mengerjakannya secara terstruktur sehingga efisiensi tercapai dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menguatkan bonding antar karyawan

Dengan melakukan kerja sama tim tentu saja hal ini akan memungkinkan untuk dapat saling mengenal dan membangun kepercayaan antara satu sama lain sehingga meningkatkan kepuasan kerja dan menimbulkan perasaan sense of belonging antara masing-masing karyawan

Mengurangi tekanan kerja

Ketika tanggung jawab dibagi antara anggota team tentunya hal ini dapat mengurangi tekanan dan beban kerja jika hanya dilakukan oleh satu orang saja. Sehingga load kerja yang dilakukan dapat menjadi efektif dan efisien.

Memberikan branding perusahaan

Dengan teamwork yang baik dapat memberikan dampak bagi citra perusahaan tersebut berupa pandangan, kepercayaan publik, ataupun loyalitas terhadap perusahaan.

Berikut ini merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam memperkuat teamwork team kamu :

1. Mengurangi tekanan kerja

Ketika load kerja yang terlalu menumpuk, untuk mengurangi tekanan tersebut dapat dilakukan dengan melibatkan beberapa orang dan membentuk team work agar pekerjaan menjadi lebih mudah

2. Melakukan Kegiatan Bonding Karyawan

Kegiatan bonding karyawan dapat berupa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan sehingga karyawan tidak merasa sungkan dengan situasi yang ada. Bonding karyawan juga dapat dilakukan dengan mengadakan outing dalam rangka memperkuat teamwork dan bonding.

 3. Membangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik antar anggota tim sangat penting dalam memperkuat teamwork. Dalam hal ini setiap anggota tim harus saling mendengarkan dan memberikan masukan yang membangun.

4. Melakukan evaluasi dan libatkan anggota team secara rutin

Evaluasi dan keterlibatan anggota tim secara rutin dapat membantu dalam memperkuat teamwork. Dengan sistem evaluasi, tim dapat memberikan keluh kesahnya dan dapat dijadikan sebagai perbaikan kedepannya.