Branding merupakan praktik pemasaran di mana suatu perusahaan menciptakan nama, logo, atau desain yang menarik dan mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Namun, brand yang baik tentu lebih dari sekedar nama, desain logo, atau kemasan yang bagus. Branding adalah segala sesuatu yang mencakup bisnis kamu yang dapat membantu konsumen mengidentifikasi suatu produk dan jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan dan apa yang membedakannya dari kompetitor di dalam industri yang sama.

Pada umumnya branding menggunakan media seperti iklan, layanan pelanggan, promosi, reputasi dan logo untuk menyampaikan dan menunjukan pesan dan kesan dari sebuah bisnis. Semua elemen ini bekerja bersama untuk membuat satu profil bisnis yang profesional, unik dan menarik perhatian.

Alasan pentingnya branding dalam bisnis kamu

Branding selalu menjadi bagian terpenting dari sebuah bisnis, karena akan dampak secara menyeluruh terhadap perusahaan Anda. Selain itu, branding juga dapat mengubah cara konsumen memandang bisnis kamu dan dapat meningkatkan pengenalan dan kesadaran mereka tentang bisnis dan produk dari bisnis mu.

1. Membuat bisnis lebih dikenal

Salah satu alasan kuat dari pentingnya branding yakni karena branding mampu membantu produk yang kamu tawarkan menjadi lebih sering dikenali. Hal ini dikarenakan branding dapat menjadi ciri khas yang dikenali oleh calon konsumen dan konsumen, sehingga bisnis atau produk mu bisa bertahan lama di benak mereka.

2. Branding dapat menggaet pelanggan baru

Branding yang sukses bisa dilihat dari banyaknya kesan positif yang diberikan konsumen terhadap sebuah bisnis atau produk. Konsumen tidak akan berpikir terlalu panjang untuk melakukan pembelian dari bisnis yang mereka percaya dan terasa akrab. Setelah sebuah brand mencapai kesuksesan, teknik mulut ke mulut (mouth to mouth) akan menjadi teknik periklanan terbaik dan paling efektif dari semua teknik lainnya.

3. Branding menciptakan kepercayaan di dalam pasar

Branding yang dirancang dengan baik akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen, calon klien dan juga calon konsumen. Orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki penggambaran yang terpoles secara profesional. Branding yang tepat dapat memberikan kesan bahwa bisnis kamu adalah pakar industri dan membuat publik merasa percaya pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

4. Branding mendukung efektivitas iklan

Periklanan adalah komponen lain selain branding yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis. Strategi periklanan akan secara langsung mencerminkan merek, kesan, dan pesan yang ditampilkan oleh bisnis tersebut kepada audiens atau calon pembeli. Periklanan dengan strategi branding yang kuat dari perusahaan terpercaya dapat memudahkan bisnis untuk membangun strategi periklanan yang efektif, menarik, dan yang berperan baik dalam tujuan branding itu sendiri.

Maka dari itu, jika kamu ingin mulai berbisnis kamu harus memikirkan branding seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk bisnismu. Selain karena branding mampu membantu perusahaan membuat kesan berkesan pada konsumen dan memunginkan mereka untuk mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan tersebut, melalui branding juga konsumen dapat membedakan bisnis mu dari bisnis kompetitor.