Kemajuan teknologi dan kecerdasan buatan membuat bisnis perlu untuk melakukan pemasaran digital. Dalam pengimplementasiannya bisnis tersebut mempunyai pilihan antara menggunakan jasa digital marketing agency atau membangun tim pemasaran internal. Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, yang dapat dikaji dan dipertimbangan melalui artikel ini.

Kelebihan Menggunakan Digital Marketing Agency

Biaya Operasional yang lebih rendah

Keunggulan menggunakan digital marketing agency adalah efektivitas dan efisiensi biayanya. Membentuk sebuah tim internal untuk melakukan sebuah strategi pemasaran membutuhkan biaya lebih sebab perlu ada berbagai pelatihan di berbagai industri vertikal. Menggunakan jasa Digital Marketing Agency dapat lebih menghemat biaya sebab mereka sudah ahli dan berpengalaman dibidangnya. Memilih Digital Marketing Agency memberikan efisiensi biaya yang lebih signifikan sebab selain meningkatkan strategi pemasaran, Digital Marketing Agency juga beradaptasi dengan teknologi dan sumber daya yang modern.

Pengalaman dalam Digital Marketing

Digital Agency memiliki pengalaman yang khusus dan relevan yang fokus dengan digital, termasuk pelaksanaan kampanye, pengelolaan media sosial, optimasi SEO, dan aspek penting lainnya. Digital Marketing Agency akan memberikan strategi terbaik untuk mencapai tujuan pemasaran di era digital. Dengan itu, maka bisnismu akan mencapai target sesuai objektifnya. Selain itu tim Digital Marketing Agency terbiasa dengan berbagai industri sehingga memiliki pemahaman mengenai pasar dan audiens. Digital Marketing Agency memahami tren yang relevan di industri bahkan dalam dinamika pasar yang berbeda.

Kompetensi Platform Digital Terjamin

Tim dalam Digital Marketing Agency memiliki kompetensi standar minimum dengan platform digital tertentu. Digital Marketing Agency tentu saja memastikan SDMnya memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan sebuah kampanye.

Trend Digital Marketing dan Arusnya

Tentu saja dengan Digital Marketing Agency yang memiliki profesionalisme yang selalu mengikuti perkembangan dan perubahan teknologi terkini, mereka dapat menganalisa sebuah trend dan memanfaatkan trend tersebut apabila sesuai dengan pesan sebuah kampanye. Digital Marketing Agency juga akan melaporkan update proses dan progres pemasaran dan teknologi pada platform digital yang digunakan.

Kelebihan Menggunakan In-House Team

Fokus Produk dan Spesialisasi

Tim In-House tentu saja akan memiliki pengetahuan lebih baik mengenai produk secara lebih spesifik sehingga kampanye yang dikelola dapat terus fokus dalam jangka panjang.

Akses Stakeholder yang lebih baik

Akses ke berbagai departemen memungkinkan pemahaman lebih cepat dibanding Digital Marketing Agency sebab keterbatasan akses dan informasi. Sehingga, tim in-house lebih kompeten untuk adaptif dalam memahami tujuan dan objektif kampanye.

Skalabilitas Biaya

Skala biaya apabila menggunakan tim in-house tentu lebih dapat diprediksi. Dengan tim pemasaran internal, maka kendali penuh atas anggaran pemasaran dan alokasi sumber daya dapat dikelola secara optimal.

Ruang Lingkup Kerja

Dengan In-House Team, sebuah usaha memiliki kendali penuh dalam pengolahan dan pengembangan ide-ide kreatif sehingga solusi pemasaran yang dihasilkan lebih khas dan unik. Dengan begitu, In-House Team yang memiliki fleksibilitas inovasi dapat meningkatkan kreativitas kampanye dan ide-ide pemasaran lebih luas dengan kerjasama tim internal yang baik. Selain itu, dengan tim internal kerahasiaan data dan keamanan informasi lebih terjamin.

Strategi Mempertimbangkan Kebutuhan antara Digital Marketing Agency atau Tim Internal in House

Fase Memulai

Bila bisnis yang dijalankan masih baru dan belum memiliki pemahaman mengenai pemasaran secara digital, lebih baik memulai dengan Digital Marketing Agency karena strategi pemasarannya bisa bekerja lebih optimal dan akan terhindar dari resiko kegagalan yang disebabkan oleh tim yang tidak kompeten.

Fase Strategis

Pertimbangkan untuk membuat tim strategis saat kampanye dan bisnis mulai berkembang secara positif. Tim tersebut dapat mendukung kampanye kedepan lebih efektif.

Fase Operasional

Ketika kampanye sudah terukur dengan sangat baik, kolaborasikan tim operasional dan strategis untuk bertanggung jawab menjalankan kampanye serta menjaga mutu dan efisiensinya. Alihkan Digital Marketing Agency untuk memantau dan membantu evaluasi kualitas kampanye

Kesimpulan

Memilih Digital Marketing Agency memiliki lebih banyak keuntungan. Selain karena biayanya yang relatif lebih rendah, potensi untuk berkembang menjadi lebih besar dengan pengalaman di bidang digital marketing dan tim yang paham dengan industri dengan kompetensi minimum yang dapat dipertanggung jawabkan. Disisi lain, tim internal perusahaan lebih unggul pada fleksibilitas pengembangan ide dan juga skalabilitas biaya yang lebih mudah diprediksi dan dikelola secara optimal.

Untuk memutuskan memilih antara keduanya, perlu mempertimbangkan sejauh mana fase bisnis dan pertimbangan sejauh mana pengetahuan mengenai digital marketing diketahui. Digital Marketing Agency dapat membantu mengoptimalkan bisnis apabila bisnis dalam langkah awal. Namun jika telah memiliki tim dengan pemahaman yang baik mengenai digital marketing, tim pemasaran internal dapat memberikan ide dan solusi yang inovatif dan fleksibel.

SevenAds Indonesia dapat memberikan layanan Digital Marketing yang dapat membantu mengembangkan bisnis dengan kampanye pemasaran yang efektif dan efisien. SevenAds Indonesia memiliki profesional tim yang dapat mengoptimalkan marketing 360 dan juga menawarkan layanan lainnya seperti social media management dan digital dan influencer marketing.