Netflix adalah industri perfilman yang bergerak dalam menawarkan platform jasa untuk menonton. “Tapi Netflix gak punya bioskop, kok bisa sukses?” Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di benak kamu. Bisnis jasa untuk menonton tapi gak punya tempat buat nonton. Itulah kehebatan dari Netflix, gak punya bioskop tapi bisa sukses banget. Penasaran kok bisa? Yuk kita bahas!

 

Terus melakukan inovasi dan gesit dalam mengikuti perkembangan

Netflix pertama kali didirikan oleh Reed Hastings pada tahun 1977. Berawal dari sebuah layanan DVD by mail dengan sistem langganan, Netflix terus mengutamakan inovasi dan mengikuti perkembangan industri. Netflix kemudian melakukan proses digitalisasi dengan beralih ke layanan streaming karena mengikuti perkembangan teknologi.

 

Tidak berhenti sampai disitu, Netflix terus melakukan inovasi seperti membuat lisensi untuk konten aslinya yang diproduksi oleh studio lain, dan mulai untuk memproduksi film dan acara tv sendiri. Hasilnya, banyak film dan acara tv produksi Netflix yang mendapatkan penghargaan, lho!

 

Memberikan Kebebasan 

Salah satu kunci sukses dari Netflix yang ditanamkan Hasting ke dalam budaya perusahaannya. Hasting memberikan lebih banyak kebebasan yang dapat dinikmati karyawannya dibanding di perusahaan lain. Hasting percaya bahwa dengan memberikan kebebasan, dapat menginspirasi karyawannya dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Selain itu, dengan memberikan kebebasan, lebih mudah juga untuk meminta rasa tanggung jawab dari karyawannya. Akan tetapi, untuk memberi kebebasan, tentunya harus ada perencanaan yang matang.

 

3 hal yang harus diperhatikan untuk memberikan kebebasan yang ekstrim tetapi tetap disertai tanggung jawab

Seperti yang sudah dikatakan di atas, dibalik pemberian kebebasan tentunya ada perencanaan yang matang. Lewat buku yang ditulis Hasting tentang kisah dibalik kesuksesan Netflix yang berjudul “No Rules”, ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk memberikan kebebasan yang ekstrim terhadap karyawan tetapi tetap disertai tanggung jawab.

  1. Memaksimalkan berkumpulnya bakat-bakat terbaik di perusahaan

  2. Tingkat keterbukaan dan keterusterangan yang tinggi antara karyawan dan manajer

  3. Keberanian untuk menghilangkan kontrol yang menghabiskan waktu semua orang dan uang perusahaan

 

Rahasia dibalik kesuksesan Netflix sebenarnya didasarkan pada ketiga poin tersebut. Poin-poin tersebutlah yang menjadi pegangan bagi Netflix hingga bisa menjadi salah satu startup tersukses di abad ke 21 ini. Kalau kamu mau tau penjelasan lengkap dari setiap poin-poin tersebut, kamu bisa langsung baca dari buku “No Rules” ya!