Brand Activation merupakan suatu kegiatan yang penting bagi sebuah brand, lalu apakah brand activation dan bagaimana manfaatnya?

Pengertian

Brand activation merupakan kegiatan promosi yang dilakukan dengan mengarahkan tindakan konsumen melalui sebuah interaksi brand. Brand activation juga merupakan suatu proses untuk meningkatkan awareness agar brand lebih dikenal dan meningkatkan engagement. Brand activation berperan untuk penting untuk kemajuan bisnis, lebih tepatnya untuk mendekatkan hubungan customers dan brand. Brand activation merupakan suatu proses untuk meningkatkan awareness atau kesadaran akan brand tersebut melalui kegiatan-kegiatan tertentu. Untuk dapat melakukan activation, suatu brand harus sering melakukan interaksi dengan customer dari brand tersebut agar bisa menjadi top of mind di masyarakat. Activation yang dilakukan dapat memberikan dampak dan bermanfaat untuk brand kamu loh, apa aja ya?

Manfaat Brand Activation

Mendapatkan data customer

Dengan meminta data pelanggan ketika mengadakan brand activation akan membuatmu memiliki data tentang karakteristik pelanggan, dapat melakukan analisis customer lebih detail serta dapat menghubungi mereka di masa depan untuk keperluan aktivasi lainnya.

Mendapatkan Feedback

Brand activation adalah karena sering dilakukan secara dua arah antara brand dengan pelanggan. Oleh karena itu, kamu bisa meminta dan mendapat feedback dari mereka tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaanmu.

Memperkuat Posisi Brand

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, brand activation berguna untuk meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty. Dengan meningkatnya tiga unsur ini, maka posisi brand-mu di pasar otomatis akan lebih kuat. Masyarakat semakin tahu tentang brand-mu dan bisa melakukan pembelian.

Menjangkau pelanggan baru

Selain meningkatkan awareness dan engagement dari pelanggan yang sudah ada, brand activation juga dapat membantumu meraih pelanggan yang baru.

Macam-macam brand activation

1. Social media activation

Salah satu brand activation yang paling umum adalah social media activation Bentuk ini mendorong brand bersentuhan langsung dengan pelanggannya melalui media sosial.

2. Promotions Activations

Bentuk aktivasi ini melibatkan promosi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Promosi dalam bentuk diskon, giveaway, hingga penggunaan brand ambassador akan mendorong customer berdatangan.

3. Sponsorship Activation

Bentuk aktivasi ini merupakan cara bagi merek untuk mensponsori acara untuk memberikan hasil berupa exposure, brand awareness, ataupun pengalaman yang dapat memberikan citra positif untuk brand.

Brand Activation adalah sebuah strategi penting untuk memperkuat posisi merek dalam pikiran konsumen dan meningkatkan interaksi mereka dengan merek tersebut. Dengan memahami dan mengimplementasikan Brand Activation dengan baik, merek dapat mendekatkan diri dengan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat citra merek di mata konsumen. Dengan begitu, aktivasi merek menjadi alat penting dalam strategi pemasaran untuk mencapai Jika kamu mengalami kesulitan dalam mencari ide aktivasi konten yang sesuai untukmu, kamu bisa coba konsultasikan ke SevenAds Indonesia secara GRATIS melalui e-mail ke [email protected]!