Apasih itu USP?

USP atau Unique Selling Proposition merupakan langkah penting dalam menyusun strategi penjualan atau secara sederhananya, USP merupakan komponen unik dari sebuah produk atau merek yang dijual. USP merupakan teknik yang digunakan untuk membedakan antara produk yang ditawarkan dengan produk pesaing. Dalam hal ini, tidak ada standar yang digunakan dalam membuat USP sebagai sebuah produk, hal yang pasti dari USP adalah, produk harus menggambarkan value atau citra merek yang dimiliki

Mengapa USP menjadi penting?

Menurut Oberloo, sebuah USP yang dibuat dengan baik dan disampaikan secara jelas dapat membantu dalam memfokuskan tujuan marketing sebuah brand. USP yang baik dapat menjelaskan manfaat yang bisa didapatkan audiens dari produk atau layanan yang ditawarkannya. Sehingga, hal tersebut dapat membuat produk dan brand-mu lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Dengan melakukan hal tersebut, maka sebuah brand atau produknya akan lebih mudah diingat serta memiliki kesan positif di mata konsumen.

Manfaat USP

Memberikan Identitas Bisnis

Adanya USP dapat menjadi identitas dari bisnismu yang membedakannya dari para kompetitor. Kamu bisa menunjukkan fitur unik, kualitas dari bahan-bahan yang digunakan, tampilan aplikasi yang mudah dimengerti, dan masih banyak lagi sebagai unique selling point produk atau layananmu.

Pendapatan Meningkat

USP menawarkan manfaat dari layanan yang dimiliki oleh kamu, sehingga konsumen akan melihat produk atau layanan yang ditawarkan sebagai sesuatu yang sesuai dan membuat mereka membelinya. Semakin akurat USP yang disampaikan ke konsumen dari produk layananmu, maka tentunya hal ini akan berdampak pada pendapatan bisnismu

Memudahkan Promosi

Adanya USP juga memudahkanmu saat melakukan promosi. Karena ketika kamu memiliki konsumen yang loyal, mereka akan mempromosikan produk atau layananmu ke orang-orang di sekitarnya. Hal ini akan memudahkan proses promosi menjadi lebih cepat dengan teknik word of mouth.

Membangun Branding Produk

USP dapat membantu membangun branding image yang baik. Hal ini tentu akan membuat konsumen loyal pada brand-mu. Namun, hal ini harus disertai dengan pelayanan yang baik dan penawaran USP yang menarik.

USP merupakan elemen penting yang tidak boleh disepelekan oleh brand jika ingin produknya lebih menarik dari para pesaing. Hal ini akan mendatangkan berbagai manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi kamu udah nyusun strategi USP belum?