KPI (Key Performance Indicator) Social Media adalah metrik yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran media sosial. KPI membantu bisnis untuk menentukan apakah strategi media sosial mereka berhasil atau tidak. KPI Social Media juga membantu bisnis untuk menentukan apakah mereka mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Ada beberapa poin KPI Social Media yang perlu diukur, seperti KPI Reach, dan KPI Social Media Engagement. Kemudian poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan?

Poin KPI Reach yang perlu diperhatikan

Follower Count

Follower count atau jumlah pengikut dapat memberikan informasi mengenai berapa banyak akun yang mengikuti brand atau perusahaan yang kamu jalani.

Impressions

Impression menunjukkan akan berapa kali postingan kamu muncul dan terlihat di feed atau timeline user. Jika satu akun melihat postingan tersebut secara 10 kali maka impressions yang akan terhitung juga akan sebesar 10 kali.

Potential Reach

Dalam social media potential reach membantu dalam mengukur jumlah potensi akun yang melihat postingan dalam periode tertentu. Artinya, dalam hal lain, jika pengikut kamu berbagi kiriman kamu dengan followernya atau pengikut mereka sendiri, maka sekitar 2% hingga 5% dari pengikut akun tersebut dapat diharapkan untuk menjadi bagian dari jangkauan potensial kiriman kamu.

Web Traffic

Web traffic digunakan untuk melihat seberapa baik kinerja postingan yang dipost untuk mengarahkan followers kamu mengunjungi web. Metric ini menunjukan berapa kali seseorang mengklik link yang ditujukan kepada web.

Share of Voice

Metric ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang menyebutkan brand kamu dibanding dengan brand kompetitor sejenis.

KPI Social Media Engagement

KPI untuk social media engagement akan mengukur kualitas interaksi antara platform social media kamu dengan followers. KPI pada engagement menunjukkan tentang seberapa interaktif konten yang dibuat dengan audiens atau followers kamu. Berikut adalah KPI yang perlu diperhatikan dari social media engagement

Likes

Likes mengukur tentang banyaknya followers yang berinteraksi dengan konten social media kamu dengan mengklik tombol suka dengan artian bahwa audiens menyukai konten tersebut.

Comments

Comments merupakan interaksi penting bagi platform social media dan membantu brand untuk mengetahui pendapat audiens baik dari komen positif dan negatif.

Mentions

Mentions merupakan langkah yang dilakukan audiens dalam menyebutkan atau menandai akun sosial media dalam postingan, komentar, stori, atau direct message.

Shares

Shares merupakan metrics untuk mengetahui seberapa banyak orang yang membagikan postingan kamu. Metrics ini dianggap efektif untuk mengukur engagement karena menunjukkan apakah orang tertarik untuk membagikannya atau tidak

Profile Visits

Ketika audiens mengunjungi profil dari brand kamu, maka aktivitas tersebut akan terhitung tentang seberapa sering kunjungan tersebut dilakukan oleh audiens dalam jangka waktu tertentu.

Poin-poin dalam KPI sosial media tersebut menjadi penting untuk diperhatikan karena dapat membantu dalam menganalisis akun sosial media kamu. SevenAds merupakan digital marketing agency yang dapat membantu untuk merancang dan menerapkan strategi marketing yang tepat untuk brand kamu. Apakah kamu sudah memperhatikan poin-poin KPI tersebut?