Sebelum itu, kita perlu mengenal apa itu teamwork terlebih dahulu, apa sih teamwork sebenernya? Team Work atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Kerja sama tim merupakan pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama dengan anggota tim lainnya. Lalu apa tujuan dalam kerja sama atau teamwork? Teamwork ditujukan untuk meningkatkan peluang akan keberhasilan yang dimiliki oleh suatu team.

Di Indonesia, keberadaan pekerjaan remote juga semakin beragam dan dirasa sesuai dengan kondisi lalu lintas di ibukota saat ini karena dapat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas

Pekerjaan remote merupakan suatu kegiatan kerja yang tidak mengharuskan dirinya untuk menyelesaikan kewajibannya di kantor melainkan dapat bekerja secara jarak jauh atau menyesuaikan tempat yang mereka inginkan. Biasanya profesi seperti Web Developer, Programer, Content Writer, Graphic Designer merupakan profesi yang cukup mendominasi pada jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote. Lalu, apakah teamwork dapat tercapai ketika memiliki team dengan jenis pekerjaan remote? Dilansir melalui website entrepreneur.com, terdapat empat cara yang dapat dilakukan dalam membangun teamwork yang kuat bagi tim yang melakukan kerja remote :

Menentukan Tujuan, Harapan, dan Alur kerja jarak jauh (remote) secara jelas

Hal ini merupakan aturan pertama dalam membentuk teamwork yang memiliki lokasi berbeda-beda yakni dengan menentukan apakah tujuan, harapan, dan alur kerja yang ingin dicapai serta dibuat secara jelas. Aturan seperti menetapkan waktu berkomunikasi antar karyawan menjadi poin krusial dan penting, hal lainnya adalah mengatur alur kerja menjadi terarh satu pintu agar tersusun dengan rapih.

Memaksimalkan penggunaan perkembangan teknologi

Dewasa ini dengan keberadaan teknologi yang kian berkembang secara cepat dapat memudahkan tiap-tiap individu untuk dapat berkomunikasi dengan biaya yang minim. Anggota dari tim remote tidak perlu melakukan rapat kerja secara offline dan dapat menggunakan media conference call seperti zoom, dan google meet. Mempertahankan komunikasi yang baik diantara karyawan remote adalah hal yang sangat penting dan teknologi bisa menjadi perantara yang tepat dalam hal ini. Untuk membangun teamwork yang kuat, kita perlu menyesuaikan jadwal dan menetapkan satu waktu dimana kita akan mengadakan rapat kerja melalui video conference, atau bentuk komunikasi lain yang dirasa perlu untuk dilakukan.

Adakan agenda khusus bonding team

Pertemuan online tidak melulu harus membahas pekerjaan. Kegiatan bonding team dapat dilakukan agar antar anggota team tidak merasa canggung satu sama lain. Misalnya, mengadakan agenda bermain game online bersama atau menghabiskan waktu menonton film secara virtual dengan tim dapat memecahkan kecanggungan antara satu sama lain.

Menetapkan pertemuan secara langsung

Menetapkan waktu bertemu secara langsung dengan team dapat menambah rasa keakraban dan memberikan euphoria bertemu team secara langsung. Memang benar teknologi membuat kita dapat terkoneksi satu sama lain, namun bertemu team secara langsung dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam memperkuat teamwork diantara anggota team yang bekerja secara jarak jauh (remote). Dalam hal ini kegiatan yang dapat dilakukan dapat merencanakan kegiatan outing, atau sekadar makan bersama.

Teamwork sangatlah penting dalam melakukan kerja sama team, maka diperlukan beberapa upaya yang harus dilakukan seperti tips-tips diatas untuk menjaga flow dan suasana kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.