Saat ini, lebih dari 400 juta individu membuat dan menyaksikan Instastory di perangkat seluler mereka setiap hari. Menurut laporan dari Facebook, minat mereka meningkat setelah melihat cerita tentang merek yang menampilkan produk tersebut. Secara ringkas, Instastory dapat meningkatkan jangkauan dan keterlibatan dalam beberapa situasi. Ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Instagram Stories membantu kamu terhubung dan berinteraksi dengan audiens target kamu secara otentik.

Dengan memanfaatkan fitur Instastory yang tersedia di Instagram, kamu dapat membuat konten kamu lebih menarik bagi konsumen. Berikut beberapa fitur Instagram Story yang bisa kamu gunakan :

Link

Fitur pertama yang dapat diandalkan adalah Link Stories. Ini membantu followers kamu mengakses link produk atau hal lain dengan lebih mudah dan praktis. Implementasi fitur ini sangat penting karena menjadi salah satu yang paling digunakan. Disarankan untuk membuat konten bridging terlebih dahulu sebelum menambahkan link pada Instastory. Tujuannya adalah agar konsumen lebih menyukai cerita dan konten yang dibuat, daripada hanya promosi langsung.

Question

Fitur ini cukup menarik dan populer. Dengan adanya fitur pertanyaan, brand dapat menggunakan pertanyaan tersebut sebagai saran dan masukan. Hal ini juga penting untuk meningkatkan keterlibatan para pengikut. Fitur Instastory ini sangat efektif dalam memperkuat komunikasi dua arah antara followers dengan brand.

Disarankan juga untuk menampilkan pertanyaan yang sudah terjawab di highlight agar tidak diulangi. Ini akan menghemat waktu dan memungkinkan followers memahami informasi dengan lebih baik.

Polling

Fitur polling sederhana namun efektif dalam meningkatkan keterlibatan. Dengan polling, kamu juga dapat memahami perilaku followers.

Misalnya, perusahaan travel dapat menggunakan polling untuk mengetahui lokasi wisata yang paling disukai. Ini membantu memahami minat dan preferensi pengikut.

Quiz

Fitur ini memberikan banyak manfaat untuk brand. Dapat digunakan untuk brand stories atau informasi detail tentang produk. Memberikan nilai-nilai produk kepada audiens.

Sehingga followers dapat memahami visi dan misi brand serta menciptakan nilai dan identitas brand. Ini sangat penting untuk implementasi fitur Instastory.

Sticker Vote

Meskipun mirip dengan polling, fitur ini hanya memiliki dua opsi. Namun, sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran merek di antara pengikut.

Add Yours

Fitur ini menarik karena menampilkan objek atau foto dengan bulatan kecil yang dapat disesuaikan. Fitur ini akan memainkan peran penting dalam aspek keaslian konten di masa depan, menarik perhatian pengikut.

Sesuaikan juga dengan fitur Instastory yang kamu gunakan, sehingga konten yang kamu buat menjadi informatif dan menarik. Dengan begitu, konten dapat menjadi salah satu sumber informasi yang berguna bagi para pengikut. Kenali fungsi fitur Instastory yang tersedia dengan mencoba menggunakan mereka terlebih dahulu. Melakukan A/B Testing di media sosial sangat penting untuk memahami kinerja konten yang paling efektif. Gunakan "Call To Action" yang sesuai dengan merek atau perusahaan kamu. Ini dapat menjadi ciri khas atau gaya merek yang menarik sehingga kamu dapat dikenali oleh pengikut kamu.

Pastikan juga untuk membuat "Call To Action" yang menarik sehingga dapat menarik minat pengikut kamu dan mendorong mereka untuk mempertimbangkan produk kamu ini penting karena "Call To Action" dapat menjadi salah satu strategi persuasif yang efektif.