Perkembangan zaman pada era modern saat ini mengacu pada keinginan untuk instan, cepat, dan praktis. Dewasa ini, perkembangan era modern seiring dengan berkembangnya teknologi menawarkan kehidupan manusia selanjutnya menjadi lebih mudah dan cepat. Hal itu tentu saja tidak lepas dari peran teknologi. Seperti perkembangan teknologi AI yang mempermudah kebutuhan manusia khususnya kebutuhan yang terkait dengan teknologi dan informasi. Dalam visibilitas sebuah perusahaan, peran AI dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efektivitas peluang bisnis.
Perkembangan zaman pada era modern saat ini mengacu pada keinginan untuk instan, cepat, dan praktis. Dewasa ini, perkembangan era modern seiring dengan berkembangnya teknologi menawarkan kehidupan manusia selanjutnya menjadi lebih mudah dan cepat. Hal itu tentu saja tidak lepas dari peran teknologi. Seperti perkembangan teknologi AI yang mempermudah kebutuhan manusia khususnya kebutuhan yang terkait dengan teknologi dan informasi. Dalam visibilitas sebuah perusahaan, peran AI dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efektivitas peluang bisnis.Perkembangan Digital Marketing Agency di Indonesia
Era digital yang semakin maju sebagai bentuk digitalisasi era modern membawa kesan persuasif yang secara aktif dapat membuat berkembangnya jasa Digital Agency untuk membidik pasar digital dengan potensi yang besar. Sebab, adanya perkembangan teknologi dan internet membuat bisnis-bisnis di Indonesia menyadari bahwa penting untuk memiliki eksistensi secara online.
Dengan demikian, berkembangnya era digital saat ini menjadi peluang untuk sebuah bisnis melakukan pengembangannya secara strategis dengan pemanfaatan internet dan teknologi dalam membidik pelanggan potensialnya, dan hal tersebut dapat diwujudkan secara optimal dengan Digital Marketing Agency yang juga memanfaatkan perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI).
Peran dan Manfaat Teknologi AI dalam Digital Marketing Agency
Perubahan revolusioner yang dibawa oleh Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat membantu mempermudah perkembangan sebuah bisnis dalam melakukan kampanye, menganalisis data, maupun melakukan interaksi dengan pelanggan.
Analisis Data yang Lebih Spesifik
Menganalisis data yang rumit dan besar dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dengan bantuan AI. AI dapat memberikan data yang mendalam untuk sebuah agency mengidentifikasi pasar dan potensinya sehingga dapat mengukur seberapa jauh sebuah kampanye bekerja, sehingga agency bisa mengambil keputusan dan strategi berdasarkan data dan fakta yang solid. Dengan begitu, output yang dihasilkan sebuah agency seperti pengelolaan social media, website, kampanye iklan, dan lain-lain sesuai dengan objektifnya.
Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan
Salah satu teknologi AI yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini adalah chatbot AI yang dapat memberikan respon instan dan pribadi kepada pelanggan yang mencari informasi. Setiap saat, teknologi tersebut dapat membantu pelanggan menavigasikan produk atau layanan untuk kemudian memberikan referensi dan rekomendasi produk yang sesuai dan memberikan pengalaman komunikasi pelanggan yang kuat, intens, dan responsif.
Pencarian dan Peringkat yang Optimal
Pengoptimalan mesin pencarian (Search Engine Optimization atau SEO) dapat dimaksimalkan dengan AI untuk meningkatkan visibilitas online dan mengarahkan lalu lintas yang relevan untuk menuju sebuah situs web. AI dapat mengidentifikasi kata kunci yang sesuai dan memberikan peringkat sebuah website di halaman pencarian.
Marketing Campaign yang Efisien
Dalam mencapai target audience, AI dapat membantu agency untuk meriset audiens untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kampanye pemasaran supaya sesuai dengan preferensinya. Dalam memenuhi kebutuhan riset sebelum menentukan sebuah strategi, AI dapat membantu agency menentukan segmentasi pasar yang paling sesuai dengan perilaku konsumennya. Dengan mempelajari pola perilaku pelanggan, agency dapat memutuskan strategi mana yang paling sesuai dan AI dapat berperan mulai dari memprediksi preferensi mereka dan merekomendasikan produk yang relevan.
Tantangan Artificial Intelligence (AI) dalam Digital Marketing Agency
Implementasi penggunaan AI dapat menjadi peluang dalam membantu efisiensi kegiatan pemasaran secara online, namun beberapa tantangan dalam pengembangan dan pengimplementasiaannya tetap perlu diperhatikan. Seperti,
Kurangnya dukungan pemangku kepentingan (stakeholder).
Kurangnya dukungan stakeholder dapat menghambat pengembangan AI sebab regulasi hukum yang berlaku perlu disesuaikan dengan aktivasinya. Kemungkinan penyebab kurangnya dukungan tersebut adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai AI, sehingga menimbulkan keraguan dari pemangku kepentingan terhadap implementasi AI di masa depan.
Keamanan dan Privasi Data
Meskipun teknologi AI mempermudah perolehan data, tapi tetap perlu diperhatikan bahwa hak cipta dan legalitas dari data tersebut supaya tidak melanggar aturan hukum yang berlaku, termasuk jangka waktu data tersebut disimpan. Banyak juga hal lain yang perlu diperhatikan sebab kemudahan dan kebebasan aksesnya, bukan berarti sebebas-bebasnya.
Data yang Belum Sesuai dan Konsisten
Konsistensi sebuah data dalam implementasi AI merupakan hal yang penting. Analisis data yang tidak akurat bisa saja didapatkan apalagi bagi bisnis yang mencoba mendapatkan keuntungan besar. Maka tetap perlu untuk memiliki rencana yang terdefinisi dengan baik sejak awal sehingga evaluasi perangkat AI dapat dilakukan.
Oleh karena itu, perlu pemahaman yang baik mengenai digital marketing dan perkembangannya supaya upaya dalam melakukan kegiatan pemasaran berjalan optimal. Tantangan implementasi AI ini tentunya dapat dijembatani dengan berbagai cara salah satunya menggandeng jasa Digital Marketing Agency untuk dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran online.
SevenAds Indonesia dapat menjadi rekomendasi Digital Marketing Agency yang juga menawarkan layanan Influencer Marketing, dan Social Media Management. Tim yang profesional dengan dedikasi tinggi dan terstrategi secara kreatif dan konsisten dapat membantu memaksimalkan kegiatan pemasaran secara online.