Beriklan menggunakan Facebook Ads memang memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis kamu. Banyak bisnis yang telah sukses setelah melakukannya, namun banyak juga yang gagal beriklan di Facebook Ads.


Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis kamu kan? Maka dari itu, kamu perlu mengetahui 4 tips sukses beriklan di Facebook Ads:


  1. Pahami Karakter Target Audience Anda

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

  • Demography: usia, jenis kelamin

  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)

  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif

  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb

  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.


Untuk membantu kamu menentukan target audiens yang tepat, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan yang pertama Gunakan Persona Research, kemudian manfaatkan Google Analytics  dan juga gunakan Facebook Pixel.


  1. Konten Menarik

Konten menjadi salah satu faktor sukses atau tidaknya iklan yang kamu buat. Konten juga menjadi penentu bagi audiens untuk melakukan action like, komentar, share, hingga melakukan pembelian.


Maka dari itu kamu harus mampu menciptakan konten yang menarik perhatian audiens agar menggunakan jasa/produk yang kamu tawarkan. Bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk Facebook Ads? Berikut tipsnya:

  • Konten Visual

Audiens lebih menyukai konten visual (foto atau video) dibandingkan teks, karena konten visual lebih mudah dibagikan, mudah diingat, dan tentunya akan lebih menarik dibandingkan konten tertulis.

  • Relevansi Konten

Relevansi penting untuk keberhasilan iklan kamu, relevansi berkaitan dengan audience. Jika konten iklan yang kamu buat sesuai dengan tujuan iklan yang akan kamu capai, maka akan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap iklan kamu dan tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.



  1. Pilih Format Iklan yang Tepat

Sebagai salah satu platform iklan terbesar di dunia, Facebook Ads menyediakan 4 format iklan antara lain, iklan gambar tunggal, iklan video tunggal, iklan tayangan slide, dan iklan Carousel yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Jenis format iklan yang kamu pilih bergantung pada tujuan iklan yang ingin kamu capai.


Misalnya jika tujuan iklan kamu menjangkau lebih banyak audiens atau berinteraksi dengan calon klien, maka format iklan yang cocok untuk kamu gunakan adalah iklan video. Tentunya format iklan ini juga harus sesuai dengan konten yang anda sediakan. 


  1. Konversikan Iklan dengan Baik

Setelah berhasil membuat iklan dengan baik, langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu mengkonversikan iklan dengan baik.


Konversi disini maksudnya bagaimana cara supaya audiens yang sudah mengenal bisnis kamu menjadi tertarik untuk membeli produk. Salah satu hal yang mendorong mereka melakukan pembelian yaitu sistem operasional secara offline, baik itu sistem kerja karyawan, teknologi kerja yang digunakan ataupun budaya kerja.


Dengan iklan yang baik dan didukung sistem operasional offline yang baik pula. Maka akan membantu iklan kamu menjadi lebih sukses.