Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup berpengaruh saat ini. Hingga akhirnya tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensinya di mata publik.

Mulai dari influencer, selebgram, profesional, hingga pengguna biasa, menggunakan berbagai cara agar unggahan foto ataupun videonya bisa dilirik oleh banyak orang. 

Salah satu caranya, yaitu dengan memunculkan foto atau video tersebut di kolom explore Instagram. Hal ini bertujuan agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna.

Lantas, bagaimana cara agar foto dan video bisa muncul di explore Instagram?

1. Jangan Private Account

Agar unggahan foto atau video Instagram muncul di tab explore, caranya adalah dengan memastikan akun Instagram tidak menggunakan fitur “Private Account”. 

Pasalnya, jika akun Instagram menggunakan fitur “Private Account” maka sampai kapan pun unggahan di Instagram tidak akan muncul di tab explore. Maka itu, akun Instagram artis dan selebgram tidak pernah menggunakan fitur “Private Account”.

2. Unggah Foto dan Video Menarik  

Pastikan agar foto dan video yang diunggah adalah foto yang menarik. Semakin populer unggahan di Instagram, maka kesempatan untuk masuk ke di tab explore Instagram juga semakin besar.

3. Sematkan Hashtag Populer

Penggunaan hastag atau tagar akan semakin memudahkan unggahan di Instagram ditemukan melalui tab explore. Kendati begitu, Anda mesti memastikan bahwa hashtag yang digunakan adalah hastag dengan kata kunci yang populer.

4. Ubah jadi Akun Bisnis

Aku berjenis pribadi, umumnya akan lebih sedikit membuka peluang muncul di explore. Pasalnya, akun pribadi ditujukan agar akun yang dimiliki tidak mudah ditemukan orang asing. 

Langkah untuk mengubah akun pribadi ke akun bisnis, yaitu masuk ke Profil, tekan ikon garis horizontal yang terletak di ujung kanan atas, pilih Pengaturan > Akun > lalu pilih Beralih ke Akun Bisnis.  

5. Pastikan Jumlah Followers  

Agar foto muncul di tab explore, maka pastikan jika pengikut di akun Instagram Anda adalah pengikut atau follower aktif.