Beberapa tahun terakhir ini aplikasi Tiktok menjadi salah satu aplikasi media sosial yang penggunanya paling banyak di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Dilansir dari situs forbes, Tiktok menjadi aplikasi sosial media dengan tingkat pertumbuhan yang paling tinggi.

Banyak orang yang menjadi terkenal karena bermain aplikasi Tiktok. Video konten mereka kerap masuk ke fitur FYP dan disukai banyak orang sehingga menjadi terkenal di kalangan tiktokers. Karena fitur FYP inilah banyak orang ikutan bermain tiktok dan berlomba membuat konten yang menarik agar video mereka bisa masuk ke dalam FYP juga. Para pengguna dan konten yang dihasilkan di Tiktok pun sangat bervariasi. Apa sih itu FYP sebelumnya?

Apa itu FYP?

Saat pertama kali kamu masuk ke halaman awal Tiktok, kamu akan menemukan dua tab di atas halaman yaitu For You dan Following. Tab For you atau yang biasa dikenal For your page adalah kepanjangan dari fitur FYP yang sering kita dengar. Halaman pada FYP ini berfungsi sebagai beranda atau seperti halaman explorer pada instagram. FYP biasanya menampilkan video-video konten random yang direkomendasikan oleh algoritma Tiktok untuk dirimu. 

Saat video kamu masuk ke FYP orang, kemungkinan videomu menjadi viral akan semakin tinggi karena orang-orang akan aware dengan akun tiktokmu ke depannya. Hal inilah yang membuat orang akhirnya berlomba untuk membuat video semenarik mungkin agar bisa masuk FYP dan viral. Kamu pasti juga ingin videomu masuk FYP dan viral kan? 

Untuk masuk ke dalam FYP sebenarnya tidaklah susah tetapi tidak semudah itu juga. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar videomu bisa masuk FYP. Ini dia beberapa tips agar video kamu bisa masuk FYP:

  1. Penulisan Caption 

    Sama halnya seperti penulisan caption pada instagram, penulisan caption pada Tiktok juga harus menarik agar pengguna lainnya tertarik untuk melihat videomu. Selain itu, kamu juga dapat membuat caption yang dapat menarik interaksi dengan pengguna lainnya, contohnya membuat caption berupa pertanyaan.

    Semakin tinggi interaksi pada videomu, semakin besar juga peluang video kamu untuk bisa masuk ke FYP.

  2. Buat Konten yang Menarik

    Tips yang kedua agar videomu bisa masuk FYP adalah buat video yang dapat menarik perhatian dan interaksi pengguna lainnya. Buatlah konten yang unik, lucu atau bisa juga yang informatif sehingga dapat menghibur dan memuaskan para pengguna lainnya.

  3. Duet dengan Kreator Lain

    Kamu juga dapat melakukan duet dengan kreator tiktok lain untuk meningkatkan awareness akun tiktokmu. Kamu dapat melakukan duet pada video buatan kreator lain atau langsung kolaborasi untuk membuat video bersama.

    Cara ini dinilai efektif lho untuk meningkatkan exposure dan juga viewers terhadap kontenmu. Apalagi kalau kreator tersebut membalas video duetanmu, lumayan bisa dapat exposure gratis.

  4. Up to Date dengan Trend

    Mengikuti trend yang sedang viral adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan juga untuk meningkatkan exposure dan followers kamu. Dengan ikut membuat video atau challenge yang sedang trend di tiktok, kesempatan mendapatkan exposure semakin tinggi.

  5. Pakai lagu yang sedang “ngehits”

    Cara lainnya yang bisa kamu gunakan saat membuat video adalah dengan menggunakan lagu yang sedang hits. Menggunakan lagu yang sedang hits dapat membuat peluang videomu muncul di FYP semakin tinggi. Tetapi jangan lupa, video yang dibuat harus tetap menarik ya!

  6. Gunakan Hashtag

    Penggunaan hashtag juga penting lho dalam membuat videomu bisa muncul di FYP. Kamu dapat menggunakan beberapa hashtag yang sedang trending di Tiktok. Hashtag dapat membantu pengguna tiktok lainnya dalam mencari video dengan kategori yang diinginkan.

  7. Buat Video dengan Durasi Pendek

    Menurut beberapa survei singkat yang dilakukan, para pengguna tiktok lebih tertarik dengan video yang berdurasi pendek ternyata. Video dengan durasi yang terlalu panjang dapat membuat orang malas untuk menontonnya dan kemudian langsung swipe ke next video.

  8. Post Video saat Prime Time

    Usahakan untuk memposting videomu di jam-jam ramai para pengguna tiktok ya, agar viewers dan like dari videomu semakin banyak.

    Untuk di Indonesia, prime time Tiktok biasanya ada di jam 12.00-13.00, kemudian 17.00-18.00 dan 19.00 sampai 23.00.

    Nah jadi itu beberapa tips dan hal yang harus kamu perhatikan agar video tiktokmu bisa masuk FYP ya! Jadi kamu udah siap viral belum di tiktok?