Kedua hal tersebut biasanya sudah tidak asing lagi bagi para pelaku marketing, terlebih yang memang memfokuskan di dunia digital marketing. Walaupun menjadi suatu hal yang tidak asing lagi, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui perbedaan antara KOL dan Influencer. Keduanya harus kamu pahami untuk nantinya kamu bisa menentukan akan menggunakan jasa KOL atau Influencer pada campaign pemasaran kamu. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Apa itu Key Opinion Leader?

KOL atau Key Opinion Leader merupakan seseorang dengan keahlian tertentu, secara pengetahuan ataupun kemampuan yang mana pendapatnya dapat dengan baik didengarkan oleh masyarakat luas. Seorang KOL dapat dipercaya dan dihormati orang lain karena pemahaman dan pengetahuannya yang mendalam pada bidang tertentu, sehingga orang lain banyak yang percaya terhadap dirinya. Seperti contoh, seorang MUA terkenal atau terpercaya yang menyarankan untuk menggunakan produk-produk make up yang cocok untuk kondisi tertentu, maka orang-orang yang melihat informasi tersebut akan lebih percaya review yang diberikan sebagai rekomendasi mereka dalam mencari produk make up yang mungkin cocok bagi mereka berdasarkan informasi yang diberikan.

Berbeda dengan Influencer, KOL memiliki autentisitas atau keaslian yang mereka miliki di dunia nyata. Seperti contoh yang disebutkan sebelumnya, ketika mereka mengatakan atau memberikan informasi tertentu terkait produk, baik pengalaman, ilmu, atau kaitannya dengan profesi mereka, maka banyak orang akan lebih mempercayai apa yang dikatakan KOL tersebut.

Walaupun begitu, kehadiran KOL memang biasanya akan lebih dipercaya, tetapi jangkauan yang dimiliki KOL ini tidak seluas itu. Audiens yang dimiliki KOL terbatas, sedangkan influencer memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Waktu yang diberikan KOL untuk membagi antara pekerjaan profesional di dunia nyata, tidak sebanding dengan influencer yang memang lebih banyak mendedikasikan waktunya untuk membuat konten. Namun KOL juga aktif menggunakan media sosial dalam penyebaran informasi atau konten mereka, hanya saja tidak serutin influencer pada umumnya.

Apa itu Influencer?

Jika sebelumnya kita sudah membahas terkait apa itu KOL? Sekarang kita akan membahas Influencer. Influencer merupakan orang yang memiliki kekuatan atau kemampuan mempengaruhi orang lain agar mau membuat keputusan untuk mencoba atau membeli suatu produk. Seorang influencer memiliki ikatan yang kuat dengan penggemarnya merupakan hal yang umum terjadi. Penggemar dari seorang influencer juga cukup loyal dan memiliki trust yang tinggi. Mereka bisa mengeluarkan uang atau biaya untuk membeli suatu produk atau jasa yang digunakan atau dipromosikan oleh influencer.

Influencer memiliki audiens yang banyak di media sosial, dan biasanya para influencer memiliki beberapa platform media sosial yang digunakan sekaligus dalam menjalin hubungan dan memastikan eksistensinya dengan para penggemar atau followers. Media sosial yang umum digunakan seperti Instagram, Twitter, TikTok, Facebook dan YouTube.

Seorang influencer terbiasa untuk membuat berbagai jenis konten dengan tujuan agar penggemar atau pengikut mereka tetap rutin mengetahui aktivitas atau perkembangan mereka, sehingga seorang influencer bisa terus menjaga hubungan, menjangkau pasar baru dan membangun engagement yang lebih luas lagi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa influencer lebih banyak mendedikasikan waktunya untuk membuat konten pada media sosial mereka dibandingkan dengan KOL.

Dari penjelasan singkat di atas tadi, sebenarnya dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan keduanya memiliki tujuan dan hasil yang berbeda, tergantung dari tujuan pemasaran yang ingin kamu lakukan. Jika ingin meningkatkan sales dan brand awareness, kamu bisa memanfaatkan jasa influencer, dengan pertimbangan yang ada sebelumnya dari penjelasan di atas.

Jika kamu ingin efektif meningkatkan brand awareness dan brand value, penggunaan KOL akan cocok, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, peran KOL lebih bisa dipercaya karena merupakan orang yang ahli atau dapat dipercaya oleh pasar yang kamu tuju. Nah, kalau kamu masih bingung memilih untuk memanfaatkan KOL atau influencer untuk brand kamu, bisa dikonsultasikan langsung ke Sevenads Indonesia, GRATIS!!