Marketing Attribution Models itu apa sih? Secara singkat, marketing attribution models adalah kerangka kerja untuk menganalisis taktik atau strategi pemasaran jenis apa yang paling berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan lead conversion (konversi pelanggan bisnis).
Lebih jelasnya, marketing attribution models berperan untuk membantu tim pemasaran dalam mengevaluasi titik sentuh pemasaran yang dijumpai oleh konsumen selama proses pembelian suatu produk atau layanan.

Nah, setelah memahami apa itu marketing attribution, kamu juga harus tahu peranan marketing attribution bagi sebuah bisnis! Secara garis besar, marketing attribution yang dilakukan secara efektif akan memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan perusahaan. Beberapa manfaat menggunakan marketing attribution models yakni :
  1. Membantu menentukan saluran pemasaran mana yang memiliki jumlah konversi pelanggan tertinggi
  2. Membantu menganalisis bagaimana cara mendistribusikan kembali (redistribute) atau meningkatkan pengeluaran iklan (increase ad spend)
  3. Membantu melihat peningkatan atau rekomendasi untuk campaign klien
Apakah marketing attribution models itu penting? Tentu saja! Pasalnya, dengan menggunakan marketing attribution dan mengetahui strategi pemasaran yang sesuai, maka perusahaan mampu mencapai tujuan pemasarannya dengan hasil yang lebih baik. Berikut penjelasan mengenai peran penting marketing attribution dalam sebuah perusahaan:
Menghemat biaya operasional pemasaran

Dalam hal ini, tim pemasaran menargetkan saluran dan titik sentuh pemasaran yang menghasilkan tingkat engagement konsumen yang paling banyak (engagement rate). Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya operasional pemasaran lebih banyak lagi.

  • Meningkatkan pendapatan bisnis
Marketing attribution juga mampu meningkatkan pendapatan bisnis dan ROI (return on investment) dari pemasaran dengan hasil yang lebih efektif. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan perusahaan mampu menjaring lebih banyak konsumen potensial dan mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian atas produk atau layanan yang dipasarkan.

  • Memahami minat konsumen
Memahami minat konsumen merupakan kunci utama dalam berbagai macam strategi pemasaran. Selain berperan untuk mendorong keberhasilan upaya pemasaran, dengan memahami minat konsumen perusahaan juga dapat melakukan strategi STP (segmenting, targeting, dan positioning) yang lebih efektif selama perjalanan konsumen.

  • Meningkatkan performa bisnis
Dalam upaya untuk mengembangkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka marketing attribution berperan untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis sekaligus personalisasi pemasaran.

  • Menargetkan ulang konsumen potensial
Dengan menerapkan marketing attribution, perusahaan mampu menargetkan ulang konsumen potensialnya agar dapat dikonversi menjadi pelayan loyal.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa marketing attribution models memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu bisnis dalam menentukan saluran pemasaran yang efektif dan dalam menggaet calon konsumen.

Apakah kamu berminat untuk menggunakan strategi ini dalam kegiatan promosi dan branding mu?