Belakangan ini, desain kerap menjadi wajah di dunia periklanan. Dunia periklanan di sini berarti, ciri khas dari suatu merek. Desain bisa meliputi logo, judul, dan penggunaan warna di dalamnya.

 

Atas hal ini, persaingan di dunia digital menjadi semakin ketat. Kendati demikian, istilah creative agency seringkali kalah bersaing dengan istilah digital agency. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya periklanan online. 

 

Lantas, apa perbedaan digital agency dengan creative agency?

 

Creative Agency

Creative agency adalah jasa yang berfokus pada desain dan sering kali memerlukan bantuan dari pihak lain, seperti konsultan iklan marketing baik online atau offline untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sepenuhnya. 

 

Creative agency yang ideal adalah mereka yang ahli dalam hal pemasaran dan desain produk. Ahli berarti, mampu memberikan desain produk yang menarik, memikat, dan persuasif secara visual. 

 

Produk Creative agency yaitu, logo, kop surat, kartu nama, hingga konsep branding keseluruhan secara komprehensif. Dalam struktur Perusahaan, creative agency lebih fokus pada tim kreatif daripada strategi pemasaran. Selain itu, pada susunan organisasi, creative agency sering kali diisi oleh Direktur Kreatif dan desainer grafis.

 

Digital Agency

Digital Agency adalah perusahaan yang memberikan pengembangan kreatif, strategis, dan teknis dari produk dan layanan berbasis online. Digital agency biasa dikenal dengan creative digital agency.


Creative digital agency menawarkan layanan lengkap meliputi Search Engine Marketing (SEM), iklan online, desain, pengembangan web, hingga konsultasi marketing digital kepada klien. Jadi mengapa Anda masih membutuhkan creative agency? Nah, masih ada beberapa alasan kuat untuk melakukannya. Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas hal itu.