Tidak ada yang lebih membingungkan dari pemilihan hashtag yang efektif dan berkerja guna menarik insight dari konsumen bagi sebuah bisnis.

Permainan hashtag terkadang cenderung rumit. Hashtag terbilang rumit karena bisa saja hashtag itu mengumpulkan insight yang memuaskan tapi bisa saja sebaliknya.


Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk keberhasilan hashtag yang akan digunakan. Pertama-tama kita harus mencari keyword yang relevan satu sama lain. Contohnya jika hashtag pertama tentang marketing maka hashtag selanjutnya harus di bidang yang sama seperti marketing strategy, marketing agency, advertising dan lain-lain.

 Kedua, pastikan hashtag dan konten saling berhubungan misalnya konten yang dipublish mengenai makanan maka hashtag harus berhubungan dengan makanan seperti food, foodpedia, recipe, delicious dan masih banyak lagi. 


Cara ketiga adalah pastikan bahwa hashtag yang mau digunakan merupakan hashtag aktif. Hashtag aktif adalah hashtag dengan konten yang baru saja dipublish tidak lebih dari 14 hari. Semakin aktif hashtag yang digunakan maka semakin bagus insight yang akan didapatkan.

Cara terakhir yaitu bagi hashtag yang kamu ingin gunakan menjadi 5 bagian. 5 bagian itu sendiri terdiri dari hashtag yang relevan dengan konten, hashtag yang relevan dengan audience, hashtag yang relevan dengan industry, hashtag yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan dan yang terakhir adalah hashtag yang kalian buat sendiri seperti tagline atau slogan dari bisnis kalian.