Di era digital seperti saat ini, ada berbagai jenis pemasaran di media sosial. Salah satunya adalah endorsement atau endorse. Lalu sebenarnya apa sih endorse itu? Endorse adalah salah satu bentuk iklan yang bekerjasama dengan tokoh atau selebriti yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, ataupun rasa hormat. Semakin banyak jumlah pengikutnya, biasanya akan semakin mahal pula tarif endorse yang dikenakan. 


Maka dari itu kamu juga harus tau lebih lanjut mengenai apa itu endorse, berikut adalah jenis-jenis endorse:

  • Selebritis

    Endorsement selebriti melibatkan seorang selebriti yang secara pribadi menyuarakan dukungan dan pendapat mereka tentang perusahaan atau produk. Ini merupakan salah satu jenis endorse yang paling populer digunakan, dikarenakan selebriti biasanya memiliki jangkauan luas di khalayak umum.
  • Selebgram atau Influencer

    Selanjutnya, adalah endorse yang dilakukan bersama dengan selebgram atau influencer. Seorang selebgram atau influencer biasanya adalah seorang individu yang memiliki banyak pengikut pada sosial media yang dimilikinya. Endorse yang dilakukan pada seorang selebgram atau influencer, dapat berupa postingan yang mempromosikan serta menjelaskan secara detail mengenai perusahaan atau produk melalui konten sosial medianya. 
  • Expert

    Jenis endorse yang berikutnya adalah expert atau iklan yang dilakukan tokoh dengan keahlian di bidang tertentu. Keahlian tokoh tersebut biasanya akan sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Dengan keahliannya, tokoh yang melakukan endorse mampu menarik pelanggan dari setiap konten yang diunggah.
  • Testimonial

    Selanjutnya, ada jenis endorse testimonial yang dilakukan oleh para pengguna produk. Jadi, berasal dari masyarakat umum dan sifatnya netral. Masyarakat tersebut akan diminta untuk membuat ulasan produk dengan jujur, serta membagikannya kepada khalayak umum. Cara iklan yang satu ini dinilai cukup ampuh, karena masyarakat cenderung lebih percaya dengan masyarakat biasa, dibandingkan para selebriti ataupun selebgram.

Setelah mengetahui jenis-jenis endorse, sekarang saatnya membahas keuntungan yang didapatkan dari kamu melakukan endorse bagi bisnis kamu. Apa saja keuntungan yang kamu dapat, berikut penjelasannya:

  1. Membangun Brand Awareness

    Salah satu yang didapatkan dari melakukan endorse adalah, membangun kesadaran merek kepada masyarakat. Semakin baik engagement yang dihasilkan, maka semakin tinggi juga daya tarik dan tingkat kesadaran merek.

  2. Promosi yang Efektif

    Adanya kolaborasi dengan selebriti, selebgram, influencer, atau orang terkenal lainnya melalui endorse juga merupakan cara promosi yang efektif. Bekerjasama dengan seorang yang terkenal dalam sebuah iklan juga dapat meningkatkan ingatan iklan konsumen, yang memungkinkan brand kamu untuk lebih sering berada di pikiran mereka. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan endorse, pastikan kamu bekerja sama sesuai dengan target audiens yang kamu miliki.

  3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

    Dengan melakukan endorse, kamu juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Hal ini dikarenakan kamu beriklan dengan seorang yang berpengaruh, dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Maka masyarakat juga akan penasaran dan percaya dengan brand kamu, tidak hanya itu brand kamu juga bisa menjadi viral loh.

  4. Meningkatkan Penjualan

    Ketika kamu melakukan endorse, produk kamu juga memiliki potensi kenaikan penjualan. Hal ini dikarenakan para masyarakat akan penasaran, dan percaya dengan para selebriti, selebgram atau influencer yang mereka ikuti. Cara promosi kreatif yang dilakukan oleh para selebriti atau selebgram juga berpengaruh, agar masyarakat mencari tahu lebih lanjut mengenai produk.

Kamu juga bisa menggunakan jasa social media management yang kami tawarkan untuk meningkatkan performa dari sosial media yang kamu ingin kembangkan. Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!