Orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis pasti ingin membuat bisnisnya mencapai profit, bertahan di pasar dan bahkan menjadi top of mind. Dan salah satu kegiatan marketing yang sering dilakukan adalah beriklan.
Namun kini kegiatan beriklan tidak hanya bisa dilakukan dengan cara offline tapi juga online atau digital. Namun strategi-lah yang akan membedakan jenis iklan. Anda tentu sadar jika mayoritas iklan yang Anda lihat adalah tentang selling, dan hanya sedikit yang menyertakan branding. Ataupun kalau kamu melihat beberapa brand ada yang lebih mementingkan sales dibanding branding, namun ada juga yang sebaliknya.
Jadi, lebih baik branding atau selling dulu ya?
Pada dasarnya baik selling maupun branding keduanya sama-sama penting serta saling melengkapi. Namun masih banyak orang yang berpikir bahwa kegiatan branding hanya sampai pada pasang iklan, membuat logo dan packaging, atau promosi, padahal sebenarnya ruang lingkup branding sangatlah luas. Apabila branding didefinisikan sebagai aktivitas untuk membangun merek atau brand, maka tidak bisa cukup sampai hal-hal itu saja.
Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah brand yang baik. Seperti halnya melayani konsumen dengan ramah dan baik, memberikan kemudahan dalam bertransaksi, sehingga membuat konsumen ketagihan untuk membeli lagi. Beberapa hal tersebut dapat membantu mengembangkan brand secara lebih efisien.
Apabila yang Anda inginkan hanya sekedar mendatangkan pembeli, maka melakukan aktivitas selling saja sudah cukup. Namun apabila tujuan Anda ingin membangun bisnis yang sustainability-nya tinggi, bisa lebih dikenal banyak orang, kemudian memiliki pelanggan yang loyal, atau dapat digunakan sebagai sumber penghasilan jangka panjang, maka selling saja tidaklah cukup. Anda perlu melakukan aktivitas branding.
Hal perlu Anda ketahui bahwa kegiatan usaha atau bisnis yang hanya menitikberatkan pada aktivitas selling tanpa branding akan mudah terkalahkan dan digantikan dengan kompetitor lainnya. Aktivitas selling yang berkelanjutan juga membutuhkan strategi untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
Jadi, sebenarnya selling dan branding adalah dua hal yang penting bagi sebuah brand. Seimbangkan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk selling dan branding. Jika kamu membutuhkan bantuan seputar strategi marketing untuk menaikan sales atau branding brand kamu, kamu dapat konsultasikan secara GRATIS ke [email protected]