Banyak manfaat yang bisa di dapatkan jika, konten atau iklan yang kamu buat menjadi viral. Setelah menjadi viral pun awareness campaign yang dihasilkan juga memiliki peningkatan. Tapi tahukah kamu ada loh yang dinamakan viral marketing, nah untuk mengenal lebih jauh baca penjelasan berikut ya! 


Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing merupakan strategi pemasaran dengan menghadirkan suatu konten tertentu yang memiliki potensi menyebar secara luas. Konten yang dibuat harus bisa menggerakkan masyarakat untuk menyebarkan atau membicarakannya. 

Targetnya adalah konten yang dihasilkan, akan menyebar luas di kalangan masyarakat. Sampai pada akhirnya audiens yang bukan menjadi sasaran dari campaign tersebut, dapat mengetahui konten dan isi pesan tersebut. Semenjak sosial media jadi gaya hidup para masyarakat, konten viral jadi semakin lazim.Awal mula konten viral dapat tersebar, di mulai dari media sosial.

Kamu juga pasti pernah melihat konten yang viral bukan? Tapi gimana ya caranya sampai bisa menjadi viral? Ternyata dalam banyak kasus, viralitas terjadi karena hal yang tidak disengaja. Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang merencanakan viralitas itu terjadi. 

Perusahaan yang merencanakan viralitas, akan mengembangkan konten yang unik dengan konsep yang harus nampak menonjol. Hal ini agar, para masyarakat merasa heran dan bertanya-tanya hingga tergerak untuk menyebarkannya. Kontennya sendiri bisa berbentuk video, gambar, meme dll. Tetapi ada juga yang berformat non digital, seperti baliho.

Tips Menjalankan Viral Marketing

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan, agar konten viral marketing kamu berjalan secara optimal:

  1. Target Audiens

    Setelah konten marketing kamu berjalan, dan bisa menjangkau banyak audiens. Kamu tetap harus memiliki target audiens, yang nantinya akan menjadi pergerakan penyebaran konten. Penargetan audiens juga mempengaruhi banyak hal loh seperti, konten yang relevan, platform yang akan digunakan, dll.

  2. Konten Mengandung Emosional

    Konten yang kamu buat merupakan salah satu hal terpenting dari viral marketing. Membuat konten yang unik dan menarik saja belum tentu cukup, tetapi konten tersebut juga harus mengandung perasaan emosional. Contoh perasaan emosional: mengharukan, menyenangkan, menggelikan, dll. Muatan emosional bisa menjadi salah satu cara agar audiens menyebarkan konten kamu.

  3. Optimasi Hashtag

    Salah satu peran penting yang dapat mendukungnya sukses viral marketing kamu adalah penggunaan hashtag. Dengan penggunaan hashtag, juga mampu melacak penyebaran campaign loh! Harus di ingat juga kalau hashtag yang kamu gunakan harus dirancang dengan baik, kata-kata yang dipakai harus sederhana dan mudah diingat.

Kamu juga bisa menggunakan jasa social media management yang kami tawarkan untuk meningkatkan performa dari sosial media yang kamu ingin kembangkan. Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!