Sebelumnya, Instagram merupakan platform media sosial untuk berkoneksi, berhubungan dan berkomunikasi antara 2 orang atau lebih tanpa dibatasi ruang dan waktu. Namun, seraya kebutuhan audiens dan market, kini Instagram memiliki fitur lainnya bahkan menjadi tempat berjualan bagi sebagian brand.
Instagram kini menjadi tempat brand untuk menyebarkan awareness, menjangkau audiens secara luas, berkomunikasi dengan customer bahkan berjualan di Instagram Shop. Lalu, gimana sih caranya meningkatkan sales melalui Instagram? Yuk, kita ulas!
1. Tumbuhkan kesadaran merek dengan Reel dan iklan Instagram
Bukan rahasia lagi bahwa Reel adalah hal terpanas di aplikasi saat ini, dan cara termudah untuk menumbuhkan akun Instagram Anda secara organik. Sembilan dari sepuluh pengguna Instagram menonton Reels setiap minggu.
Namun, tidak ada yang lebih cepat dari iklan Instagram yang ditargetkan dengan baik untuk menyebarkan awareness merek Anda. Iklan Instagram berpotensi menjangkau 20% populasi Bumi. Selain itu, iklan Instagram juga bisa kamu atur sesuai budget dan kebutuhan brand kamu sehingga Iklan Instagram menjadi salah satu tools paling bermanfaat untuk menyebarkan awareness, dan menjangkau target market yang sesuai.
2. Engage dengan audiens Anda melalui story
Instagram Stories adalah tempat yang tepat untuk engage dengan audiens Anda yang terus bertambah dengan konten interaktif dan informatif. Tapi apa yang harus Anda posting?
Orang ingin melihat mengapa bisnis Anda melakukan apa yang dilakukannya, siapa karyawan Anda, bagaimana Anda membuat apa yang Anda hasilkan, dan seterusnya. Anda dapat meminta manajer media sosial Anda berbicara kepada audiens Anda setiap hari, atau membuat Cerita Anda tetap anonim dengan menampilkan konten yang dibuat sebelumnya, atau membagikan video dari pelanggan Anda (dengan izin, tentu saja).
3. Posisikan produk Anda sebagai solusi dengan konten petunjuk
Tunjukkan pada audiens Anda bagaimana produk Anda adalah solusi untuk masalah mereka. Metode yang Anda lakukan akan sangat bervariasi, tergantung pada industri Anda. Video cepat biasanya bekerja paling baik: Pikirkan gaya TikTok, pendek dan fokus hanya pada satu titik.
Tidak ada waktu atau anggaran untuk membuat konten semacam ini? Jalankan kampanye pemasaran influencer dan gunakan apa yang dibuat mitra Anda di profil Anda sendiri.
Ya, Reel adalah hal yang populer akhir-akhir ini, tetapi posting foto atau korsel juga berfungsi dengan baik untuk memasarkan produk.
4. Tutup penjualan dengan Instagram Shopping Tools
Instagram telah banyak berinvestasi dalam alat perdagangan sosial selama beberapa tahun terakhir dan itu membuat tahap tindakan corong Anda mulus. Hubungkan website mu dengan Instagram Shop agar audiens dapat langsung melakukan transaksi di website brand kamu. Dan jangan lupa untuk selalu merapikan foto produk-mu.
5. Buat diskon eksklusif untuk pengikut Instagram Anda
Hadiahi pelanggan Anda dengan kode diskon eksklusif khusus Instagram atau paket khusus untuk membuat mereka merasa seperti VIP. Membagikan kode-kode ini hanya di Instagram Anda akan memperkuatnya sebagai platform media sosial utama Anda untuk diikuti pelanggan.
Beberapa strategi penghargaan loyalitas untuk digunakan di Instagram adalah:
- Kode diskon eksklusif
- Akses awal ke launching produk baru
- Bagikan konten behind the scenes produk kamu
- Jalankan kontes dan hadiah untuk berterima kasih kepada pelanggan Anda (dan dapatkan pelanggan baru!)
- Tentu saja, tampilkan program kartu loyalitas Anda yang ada secara teratur untuk memastikan pelanggan Anda mengetahuinya dan cara mendapatkan hadiah
Nah itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menaikan penjualan kamu melalui Instagram, jika kamu ingin menaikan penjualan kamu melalui Instagram namun kamu tidak tahu harus mulai darimana, yuk konsultasikan bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected]