Kegiatan membuat ide copywriting memang melelahkan bagi kalian yang bekerja sebagai copywriter atau kalian yang sedang belajar mengenai copywriting. Namun tahukah kalian bahwa copywriting memiliki beberapa formula yang bisa kamu terapkan untuk mempermudah pekerjaan kamu! Simak artikel ini yaa.


Komponen dalam Teknik PAS Copywriting

Teknik PAS copywriting adalah salah satu formula copywriting, yang dapat digunakan secara sederhana dan efektif, dan dapat diadaptasi untuk hampir semua produk atau layanan marketing. Komponen copywriting dari formula PAS adalah:


Problem

Problem atau masalah merupakan poin yang ingin dicari tahu. Karena dengan mengetahui masalahnya, sebuah brand mampu memberikan solusinya kepada audiens dan konsumen. Seperti masalah apa yang dapat dibantu oleh produk atau layanan brand tertentu sehingga menjadi solusi? Gali jawaban yang tepat, agar dapat menjadi solusi karena jawabannya tidak selalu jelas. Riset pelanggan Anda untuk menentukan poin masalah yang sebenarnya mereka hadapi agar mendapatkan jawabannya.


Agitate

Agitate adalah kecemasan. Jadi pada agitate, gunakan bahasa yang emosional untuk menyampaikan gambaran yang jelas tentang kekecewaan, kerepotan, dan penyesalan yang ditimbulkan oleh masalah ini. Jelaskan bagaimana ini terjadi tidak seperti yang seharusnya, seperti apa akibatnya jika masalah ini tidak diselesaikan. Identifikasi kebutuhan audiens, cari tahu masalahnya, berempati dengan kekhawatirannya, dan validasi permasalahan audiens dan konsumen melalui konten yang solutif.


Kenyataannya adalah, orang-orang selalu memikirkan masalah yang mereka punya. Itu sebabnya mereka membaca dan mencari tahu tulisan atau informasi yang dapat membantu permasalahannya. Jadi tugas seorang pembuat konten marketing hanya memvalidasinya dan menusuknya tepat di permasalahan yang mereka punya, agar produk atau layanan bisnis yang ditawarkan dapat memikat hati audiens dan konsumen.


Solution

Saat berada di poin solution atau solusi, Anda dapat memperkenalkan produk atau layanan yang akan membantu audiens memecahkan masalah dan mengakhiri kekhawatiran mereka. Masalah ini kemudian dicari solusinya. Melalui sebuah brand, pebisnis harus dapat memecahkan masalah agar konsumen tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan.


Contoh :

P : “Pusing mikirin konten media sosial buat bisnis kamu?” 

A : “Konten gatot, bisnis ikut mandek karena ga bisa fokus!”

S : “Biar SevenAds yang urus!!” (Solution)


Kalau kamu masih kesulitan dalam mengelola social media kamu, kamu bisa menggunakan jasa social media management yang kami tawarkan untuk meningkatkan performa dari sosial media yang kamu ingin kembangkan. Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!