Beberapa hari lalu ramai iklan marketing dari Louis Vuitton yang sukses bikin para pecinta bola geger khususnya fans dari Messi dan Ronaldo. Bagaimana tidak, dengan momentum yang pas yaitu menjelang Piala Dunia. Brand Louis Vuitton menghadirkan konten kolaborasi antara Messi dan Ronaldo yang sukses bikin fans mereka jadi makin akur dan respect. Bentuk kontennya pun simple yaitu foto keduanya sedang bermain catur. Louis Vuitton sendiri memiliki corak seperti catur sehingga iklan marketing yang diangkat bisa menjadi promosi brand identity yang meningkatkan brand awareness dari Louis Vuitton sendiri. Emotional marketing yang dipakai oleh brand Louis Vuitton sukses menyatukan antara KOL dan momentum Piala Dunia. Tidak hanya brand Louis Vuitton, ada banyak lainnya brand yang menggunakan strategi ini loh! Lalu, sebenarnya apa itu Emotional Marketing? Yuk simak pembahasannya!


Strategi Emotional Marketing adalah upaya brand dalam pemasaran dan periklanan dengan menggunakan pendekatan yang menarik perhatian konsumen. Tak heran jika banyak brand yang menerapkan strategi ini dalam iklan maupun campaign mereka. Emotional Marketing memanfaatkan emosi konsumen seperti kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, atau bahkan ketakutan untuk membuat target konsumen mengambil keputusan pembelian. Strategi marketing ini dinilai efektif membuat audiens merasa lebih terhubung dengan brand hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya. Lalu, apa penyebab strategi ini dinilai efektif? 


Alasan Emotional Marketing Efektif

1. Lebih mudah diingat

 Saat melibatkan emosi atau perasaan manusia, audiens akan lebih mudah mengingat peristiwa tersebut. Seperti pada iklan Tokopedia yang mengangkat kisah inspiratif tentang kisah perjalanan merchant-nya sebagai seller di Tokopedia yang membangkitkan rasa haru dan inspiratif pada penontonnya sehingga audiens menangkap pesan dari campaign-nya untuk #MulaiAjaDulu. Nama brand pun akan melekat pada audiens sehingga bisa digunakan sebagai Brand Awareness. 



2. Konten akan lebih banyak dibagikan

 Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial dan menjadikan bagian dari kehidupannya. Disana tempat bagi mereka untuk membagikan banyak hal salah satunya yaitu emosinya. Saat konten banyak dibagikan oleh audiens maka brand akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh lebih banyak orang. Hal inilah yang menjadikan strategi Emotional Marketing lebih efektif. 


3. Mempengaruhi keputusan pembeli

Emotional Marketing dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh pelanggan. Misalkan pada iklan Traveloka menjelang Tahun Baru yang mengangkat tema selebrasi bersama teman, membangkitkan rasa semangat dan kegembiraan menyambut Tahun Baru. Pada iklannya, Traveloka menunjukkan kemudahan dalam memesan tiket untuk liburan dan bersenang-senang saat Tahun Baru secara tidak langsung Traveloka mengajak audiensnya untuk berlibur dengan membeli tiket melalui Traveloka. 


4. Menginspirasi tindakan

 Konten iklan yang membekas pada audiens akan menginspirasi tindakan mereka sehingga berubah menjadi calon customer atau pelanggan. Iklan yang menggugah emosi dari audiens inilah yang harus kamu siapkan. Misalkan pada iklan brand yang juga mengadakan donasi setiap pembelian produknya. Ini membuat customer merasa mereka tidak hanya membeli tetapi juga membantu sesama. 


5. Membangun loyalitas

 Pelanggan akan lebih loyal dan merekomendasikan produk brand kepada orang lain jika memiliki hubungan emosional dengan brand. Inilah yang dibutuhkan dalam berbisnis yaitu loyalitas pelanggan. Brand bisa mengikat keterikatan pelanggan dengan menerapkan loyalty program.  


 Ada begitu banyak brand yang menerapkan strategi Emotional Marketing untuk menarik perhatian pelanggan. Namun, yang terpenting adalah mengetahui target market brand sehingga dapat menentukan emosi dan langkah tepat dalam menerapkan strategi ini. Maka, konten atau iklan bisa berfokus dalam mendorong ketertarikan pelanggan. 

Kamu bisa menggunakan KOL untuk memeriahkan atau memperluas campaign brand kamu. Tapi kamu masih bingung pilih KOL yang tepat untuk brandmu? Mari konsultasikan dengan SevenAds melalui email di [email protected] GRATISS!!