Melakukan strategi marketing sendirian kadang membuat brand atau perusahaan merasa kesulitan. Apalagi banyaknya pesaing yang sudah unggul lebih dulu. Maka dari itu dibutuhkan kolaborasi antar perusahaan untuk menjalankan pemasaran bersama yang disebut collaborative marketing. Strategi collaborative marketing ini disebut memiliki pengaruh yang besar dalam menjangkau target pasar.

Simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut terkait collaborative marketing.

Collaborative marketing adalah dua atau lebih perusahaan yang bersatu dengan tujuan yang sama yaitu untuk melakukan pemasaran atau promosi. Kolaborasi ini bertujuan untuk menghasilkan produk serta konten yang berkualitas. Ada beberapa manfaat yang didapat bagi perusahaan dari menjalankan collaborative marketing yaitu :

  1. Menjangkau audiens lebih luas, dengan adanya collaborative marketing ini akan menjangkau audiens lebih luas karena ada dua perusahaan yang melakukan pemasaran.
  2. Mendatangkan pelanggan baru, collaborative marketing mendatangkan pelanggan baru bagi kedua belah pihak.
  3. Konten jadi lebih kredibel, kolaborasi yang tepat dapat memperkuat kredibilitas brand atau perusahaan.
  4. Meningkatkan awareness, collaborative marketing tidak hanya menarik perhatian audiens saja tetapi juga menarik pelanggan yang sudah mengenal perusahaan atau brand.

Setelah mengetahui manfaat dari collaborative marketing, sekarang bagaimana agar collaborative marketing berjalan dengan sukses, ini dia cara agar kolaborasi marketing berjalan sukses :

  1. Tentukan tujuan, sebelum menjalankan strategi collaborative marketing kamu perlu menentukan tujuan kolaborasi tersebut. Seperti hal apa saja yang ingin dicapai dari kolaborasi ini.
  2. Riset perusahaan, kamu harus riset perusahaan mana yang memiliki target pasar yang serupa dengan perusahaanmu. Jika sudah lakukan riset seperti latar belakangnya, reputasi dan kondisi perusahaan yang akan diajak berkolaborasi.
  3. Kontak perusahaan, hal ini menjadi perhatian karena jika kamu sudah menentukan tujuan dan riset perusahaan tetapi tidak menghubungi perusahaan tersebut dan memberitahukan strategi apa yang akan dijalankan maka tidak bisa berjalan dengan lancar.
  4. Buat strategi collaborative marketing, analisis kelebihan dari kedua perusahaan, lalu jadikan kelebihan ini sebagai penguat dalam strategi ini.
  5. Analisis dan evaluasi, dalam menjalankan collaborative marketing ini ada waktu-waktu yang ditetapkan dan ada perjanjian yang disetujui kedua belah pihak maka dari itu harus ada evaluasi secara transparan.

Jadi, itulah pembahasan terkait Collaborative Marketing, bagi kamu yang ingin memulai menjadi Collaborative Marketing. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang mau mempelajarinya, ya!