Kondisi pasar yang semakin besar dan banyak munculnya pesaing dengan bidang yang sama, menuntut suatu bisnis tidak bisa hanya bergantung pada produk atau jasa yang ditawarkan. Ada hal lebih penting untuk membuat perusahaan unggul dari yang lain yaitu Customer Relationship. 

Pernahkah kamu mendengar istilah Customer Relationship? Mungkin kamu sering mendengar istilah Customer Relationship. Customer relationship adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus-menerus kepada pelanggan.

Mengapa membangun Customer Relationship penting bagi bisnis kamu?

Walaupun bisnis telah memiliki target audiens yang jelas, mereka tidak akan bertransaksi dengan perusahaan yang mengabaikan kebutuhan dan keinginan mereka. Keputusan pelanggan dalam membeli seringkali dipengaruhi oleh ikatan emosional. Oleh sebab itu, menjalin hubungan emosional yang baik dengan mereka dan memberikan pengalaman terbaik akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis. Selain itu, membangun customer relationship juga penting karena:

1. Peningkatan Penjualan

Mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah tujuan utama dari bisnis apa pun. Customer Relationship mengkompilasi dan menganalisis data besar yang dihasilkan oleh saluran penjualan online dan penjualan konvensional untuk mendapatkan apa yang diinginkan pelanggan baik sekarang dan di masa depan.

Tidak seperti metode tradisional yang memperlakukan pelanggan sebagai kelompok makro, Customer Relationship mampu melakukan ini dengan dasar yang sangat detail, bahkan individu, membiarkan tim penjualan tahu persis apa yang diinginkan setiap pelanggan.

2. Mendapat Peluang Lebih Banyak

Customer Relationship juga dapat berperan dalam pengembangan produk baru, saluran penjualan baru, pasar baru dan mungkin model bisnis yang sama sekali baru. Selain data internal, Customer Relationship dapat melihat ke dalam berbagai data eksternal / publik untuk dengan cepat mengidentifikasi tren pembelian, demografi yang muncul, anomali rantai pasokan, dan sejumlah faktor lain yang sebelumnya tidak diketahui atau hanya akan terlihat setelah peluang penjualan telah berlalu.

3. Biaya lebih rendah

Dengan pengelolaan data Customer Relationship dan menganalisisnya secara real time, organisasi akan menjadi tidak tergantung pada metode tradisional analisis konsumen. Banyak dari pendekatan secara manual, seperti target pasar, produk uji dan survei, tidak hanya mahal tetapi sangat tidak akurat. Customer Relationship menggunakan data realtime dari pelanggan nyata yang terkini dan sangat terperinci.

4. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Satu-satunya keluhan terbesar yang diterima sebagian besar bisnis dari pelanggan adalah mereka tidak merasa kebutuhan mereka sedang ditangani. Customer Relationship dapat membantu menciptakan hubungan yang jauh lebih pribadi dengan pelanggan, memungkinkan organisasi memperlakukan mereka sebagai individu daripada secara general. Pada saat yang sama, data yang dihasilkan oleh interaksi Customer Relationship dapat membantu mencegah masalah yang terkait dengan produk dan dukungan, yang mengarah ke tingkat kepuasan keseluruhan dalam suatu bisnis.

5. Fleksibilitas yang Lebih Besar

Di dunia ini, pencarian produk dan layanan, belum lagi pembelian online, terjadi dalam sekejap mata, yang berarti hanya platform pemasaran dan penjualan yang sepenuhnya digital yang dapat memanfaatkannya. Dengan beralih ke pendekatan layanan pelanggan yang ramping dan otomatis, organisasi bisnis besar dapat mempertahankan sentuhan pribadi yang banyak diminta konsumen. Dengan kustomisasi Customer Relationship , idenya bukan untuk membuat kembali proses hubungan pelanggan perusahaan tetapi untuk mengintegrasikan ke dalam model yang ada sebaik mungkin dan kemudian memungkinkan pengguna untuk mengubah sistem dengan cara mereka sendiri dan dengan kecepatan mereka sendiri.

Mulai bangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda!