Untuk mengukur matriks sosial media kamu perlu adanya aplikasi atau tools ketiga diluar aplikasi bawaan. Hal ini ditujukan untuk melihat apakah ada perubahan dari growth sosial media selama beberapa periode. Berikut beberapa tools sosial media untuk dapat melihat perkembangan sosial media kamu :

Google Analytics

Manfaat utama dari tool google analytics adalah untuk mengetahui seberapa banyak lalu lintas dan prospek yang mengunjungi situs web kamu melalui platform media sosial. Tools ini dapat kamu gunakan secara gratis dan tidak memerlukan kemampuan expert untuk menggunakan tools ini. Google analytics merupakan tool profesional untuk media sosial yang bekerja untuk bisnis berbasis web. Bagi para pemasar media sosial yang mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka, Google Analytics adalah tools yang memudahkan dalam melacak performa sosial media kamu.

Melihat performa media sosial yang menghasilkan traffic terbanyak.dan dapat menganalisis konten yang paling efektif. Google analytics juga dapat memahami audiens kamu melalui data demografis. Google Analytics juga dapat membantu untuk menghitung ROI dari kampanye media sosial yang dilakukan. Dengan data yang diperlukan, kamu dapat mengoptimalkan campaign media sosial dengan merencanakan strategi yang efektif.

Brandwatch

Brandwatch adalah alat yang sangat kuat dengan lima template laporan analisis media sosial: Dalam tools ini kamu dapat melihat summary, reputasi, trend terkini, ataupun influencer terkini.

  • Summary: Menampilkan gambaran umum pembicaraan tentang merek, pesaing, atau kata kunci tertentu.
  • Trends: Laporan tentang pembicaraan dan akun yang mempengaruhi topik atau hashtag tertentu.
  • Reputasi: Menganalisis tren sentimen yang perlu dipantau.
  • Influencer: Mengidentifikasi peluang pemasaran influencer yang relevan dengan merek kamu
  • Perbandingan pesaing: Membandingkan data media sosial untuk volume pembicaraan, sentimen, dan pangsa suara.
Kelebihan Brandwatch
  • Manfaat utama: Melacak dan menganalisis data dari lebih dari 95 juta sumber termasuk blog, forum, situs reviewer, serta jejaring sosial.
  • Gratis atau berbayar: Berbayar
  • Tingkat keterampilan: Cocok untuk pemula hingga menengah Terbaik untuk: Tim PR, komunikasi, dan pemasaran media sosial yang fokus pada engagement dan pemantauan merek.
Talkwalker

Manfaat utama: Memantau percakapan dari lebih dari 150 juta sumber untuk menganalisis engagement, potensi jangkauan, komentar, sentimen, dan emosi. Gratis atau berbayar: Berbayar Tingkat keterampilan: Cocok untuk tingkat menengah hingga lanjutan Terbaik untuk: Manajer media sosial, tim PR dan komunikasi, pemantau merek, pemasaran produk, dan peneliti. Talkwalker menawarkan analisis yang relevan untuk percakapan sosial di luar properti yang kamu kendalikan, termasuk mention, sentimen merek, pengaruh influencer, dan daftar penulis. kamu dapat menyaring berdasarkan negara, demografi, perangkat, jenis konten, dan lainnya. Talkwalker sangat berguna untuk menemukan puncak aktivitas dalam percakapan tentang merek kamu membantu kamu menemukan waktu terbaik untuk posting merek kamu di media sosial.

Keyhole
  • Manfaat utama: Laporan dan dashboard mendalam secara otomatis untuk media sosial di semua platform.
  • Tingkat keterampilan: Cocok untuk tingkat menengah hingga lanjutan
  • Terbaik untuk: Perusahaan dan organisasi.
  • Keyhole memungkinkan kamu melaporkan segalanya: kampanye media sosial, mention dan interaksi merek, dampak hashtag, dan menganalisis pesaing kamu di media sosial.

Jika kamu menggunakan pemasaran influencer sebagai bagian dari strategi kamu Keyhole memiliki kemampuan pelaporan yang membantu kamu mengidentifikasi influencer yang cocok untuk bekerja sama.

Kesimpulan

Analisis media sosial adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data kinerja untuk mengukur keberhasilan strategi media sosial kamu. Ini meliputi pelacakan metrik seperti keterlibatan, jangkauan, suka, dan masih banyak lagi di seluruh saluran kamu