Siapa sih di zaman ini yang tidak menggunakan internet? Tentunya, hampir semua golongan rakyat mengkonsumsi internet bahkan bisa berjam-jam. Dan kini semua brand maupun teknologi bergerak ke arah digital.

Hal yang paling terasa adalah semakin gencarnya berbagai perusahaan melakukan aktivitas pemasaran melalui dunia digital, yang kita kenal sebagai digital marketing. Para pelaku digital marketing pun harus mengetahui sejumlah skill dasar agar berhasil dalam usaha memasarkan produk dan jasa.

Nah, kalau kamu fresh graduate dan belum ada pengalaman serta ingin turun di bidang digital marketing, berikut ini skill-skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi lebih outstanding dari yang lainnya.


1. Kemampuan Menulis dan Membuat Konten

Hal pertama yang tidak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan menulis dan bercerita, atau dalam bahasa kerennya: copywriting dan storytelling.

Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentu akan menarik sejumlah pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak bisa muncul begitu saja.

Oleh karenanya, kamu harus memulainya sedini mungkin. Selain membiasakan diri membaca, beberapa caranya adalah dengan membuat sebuah blog pribadi dan menulis cerita atau ide yang kamu punya.


2. Menguasai Media Sosial

Kegiatan promosi melalui media sosial (medsos) menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Medsos digunakan mulai dari membangun awareness terhadap produk yang kita pasarkan, hingga menggaet calon pembeli ke halaman transaksi produk kita.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform medsos seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk menawarkan produk kamu kepada para pengguna. Apalagi, platform tersebut telah menyediakan fasilitas berupa akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa. Kamu juga bisa mengatur target audience untuk menyesuaikan profil pengguna medsos dengan produk yang kamu tawarkan.


3. Kemampuan Analisis

Seseorang yang dapat menerjemahkan data menjadi suatu strategi tentu sangat dibutuhkan. Strategi tersebut dapat digunakan untuk menilai perilaku pembeli, menghitung laba bersih, hingga menilai kinerja taktik yang sudah dilakukan.

Cobalah untuk mengasah kemampuan mu dalam menganalisis sebuah konten, target market, strategi yang tepat, kompetitor dan lainnya. Jika kamu dapat menguasainya maka hal tersebut menjadi nilai plus untukmu.


4. SEO dan SEM

Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet dengan cara meningkatkan visibilitas situs di halaman pencarian. Ini dapat mencakup menggunakan iklan berbayar atau organik.

Sementara Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimasi segala aspek di dalam situs agar memiliki peringkat baik di mesin pencarian. Menguasai keterampilan di bidang SEO pada tahun 2022 ini juga meliputi pengetahuan mengenai tren pencarian suara melalui asisten virtual.


5. Kreatif

Marketing bisa menjelajahi segala bidang. Maka dari itu, seorang marketer perlu menjadi seorang yang kreatif agar dapat memberi ide-ide segar dalam promosinya. Ide tersebut yang akan digunakan sebagai solusi bagi pelanggan maupun perusahaan.

Cobalah untuk mengasah kreativitasmu dengan banyak membaca, mendengarkan podcast, melihat-lihat konten, dan mengikuti trend.


6. Fast Learning dan Up-to-date

Perkembangan dan dinamika dalam digital marketing berlangsung sangat cepat. Ini terjadi salah satunya karena berbagai tool, platform dan media yang digunakan dalam aktivitas digital marketing mengalami peningkatan dan perubahan dalam waktu yang cepat. Berbagai tool dan platform tersebut juga terus bertambah setiap harinya.

Oleh karena itu, seorang digital marketer harus menjadi seorang pembelajar cepat. Kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengetahui bukan hanya perubahan tool dan platform, tetapi juga perubahan perilaku konsumen. Kamu juga harus terus menambah skill kamu untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang digital marketer yang handal.


7. Analisis Data dengan Google Analytics

Skill yang juga tidak bisa dilepaskan dari dunia digital marketing adalah kemampuan menganalisis data atau data analytics. Kemampuan ini penting kamu miliki, mengingat data yang tersedia ketika kamu bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Adapun tool yang umum digunakan dalam digital marketing adalah Google Analytics.

Nah itu dia skill yang setidaknya harus kamu mulai pelajari untuk membekali diri bekerja di dunia digital marketing.