Siapa pun yang mengikuti tren pasar yang sedang berlangsung tahu bagaimana perusahaan di semua industri telah menambahkan chatbot ke bidang bisnis mereka tentunya untuk mempermudah dan membantu customer service dalam menjawab setiap pertanyaan atau chat yang masuk.


Berdasarkan permintaan pasar, Facebook telah menambahkan layanan chatbot ke 1,3 miliar pengguna platform "Facebook Messenger". Tentunya, ada keuntungan besar menggunakan chatbot Facebook untuk bisnis. Nah, kira-kira apa saja ya keuntungan menggunakan chatbot Facebook untuk bisnis? Mari kita bahas~


1. Menaikan Engagement Rate

Keuntungan paling jelas dari memiliki chatbot Facebook adalah peningkatan tinggi dalam interaksi dengan pelanggan di media sosial. Memiliki gerbang yang jelas bagi audiens untuk berkomunikasi dengan brand Anda mengurangi gesekan dan memungkinkan interaksi yang lancar. 


Chatbots tidak hanya menarik minat pengguna dan mendorong interaksi, Chatbots juga telah terbukti meningkatkan sales untuk bisnis.


2. Peningkatan Lead Generation & Pemeliharaan Mudah

Chatbots Facebook mempersonalisasi pesan instan untuk brand. Pesan pribadi yang selalu tersedia dengan merek ini, pada platform volume tinggi seperti Facebook, memiliki keuntungan besar dalam hal menghasilkan dan memelihara pemimpin.


Chatbots terlibat dengan orang-orang, mengumpulkan informasi yang diperlukan, dan kemudian membujuk mereka untuk menjadi pelanggan. Selain itu, chatbots juga dapat dikonfigurasi untuk memenuhi syarat prospek berdasarkan parameter yang ditetapkan.


3. Mampu Merespon Pertanyaan 24 Jam

Chatbots Facebook memiliki keunggulan besar dibandingkan saluran dukungan pelanggan tradisional. Mereka ada tepat di tempat audiens Anda berinteraksi dan membalas pesan menjadi mudah dan cepat. Telah diamati menggunakan Facebook chatbots meningkatkan kepuasan pelanggan dengan banyak lipatan karena ketersediaan 24 jam, Pengiriman, dan dukungan yang disesuaikan.


4. Skalabilitas Mudah

Dengan chatbots Facebook, salah satu keuntungan yang jelas adalah faktor skalabilitas. Anda dapat menskalakan operasi dukungan lintas batas dan bahasa dengan proses penyiapan yang mudah tanpa biaya investasi dari pihak Anda. Bisnis yang telah meningkatkan chatbot Facebook telah melihat pertumbuhan tinggi dalam operasi mereka dengan penggunaan sumber daya yang ramping.


5. Peningkatan Loyalitas Merek

Dengan ketersediaan dukungan 24x7 dan kehadiran media sosial yang tinggi, brand menjadi kredibel. Audiens melihat mereka sebagai bisnis asli dan lebih mempercayai brand dan telah terbukti bahwa merek yang cepat menangani masalah pelanggan memiliki loyalitas yang lebih tinggi daripada merek yang memiliki resolusi publik yang lebih sedikit. 


Menggunakan chatbots Facebook memiliki keuntungan yang jelas dalam meningkatkan loyalitas merek di antara pelanggan.


6. Penghematan Biaya

Seperti disebutkan di atas, chatbot Facebook memungkinkan penskalaan dukungan Anda dengan sedikit investasi dalam sumber daya. Oleh karena itu, pengembalian menambahkan chatbot Facebook ke layanan dukungan Anda dapat menghemat banyak biaya operasional untuk bisnis Anda. 


Kamu mendapatkan manfaat dari peningkatan kepuasan pelanggan dan biaya operasional yang rendah untuk dukungan pelanggan Anda.


7. Produktivitas Dukungan Lebih Tinggi

Benar-benar berlawanan dengan kepercayaan populer, chatbots tidak ada di sini untuk menggantikan agen customer service tetapi untuk membantu mereka. Misalnya, chatbot dapat diatur untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan sebelumnya, sebelum ditransfer ke agen. 


Chatbots juga dapat berfungsi sebagai filter untuk menyelesaikan pertanyaan yang mudah dan membiarkan agen fokus pada masalah pelanggan yang lebih penting


8. Analisis Pelanggan

Memiliki chatbot Facebook memungkinkan sistem untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang pelanggan Anda, masalah mereka, dan kebutuhan mereka. 


Chatbots juga memungkinkan pengiriman iklan yang lebih baik sehingga bisa sangat berguna jika Anda juga menggunakan iklan Facebook untuk bisnis Anda. Semakin baik data pelanggan yang dimiliki bisnis Anda, semakin Anda dapat menyesuaikan operasi Anda.


Banyakkan manfaat dari fitur Facebook Chatbots untuk bisnismu! Jangan pungkiri dan yuk coba terapkan untuk bisnismu. Jika kamu kesulitan untuk mengurus berbagai platform social media-mu, konsultasikan bersama SevenAds Indonesia dengan mengirimkan email dan kebutuhanmu ke [email protected]. KONSULTASI GRATIS~