Perkembangan trend dan teknologi saat ini mengharuskan kita untuk bekerja lebih keras dalam mengelola media sosial agar bisa berkembang dengan baik. Eitsss, tapi kamu nggak perlu bingung karena saat ini untuk menjaga agar media sosial terkelola dengan baik sudah banyak caranya. Kira-kira gimana yaa? Baca terus artikel ini sampai habis guyss~


1. Menciptakan Target yang Ingin Dicapai

Supaya lebih terorganisir dalam mengelola media sosial, kamu bisa menerapkan beberapa framework untuk target media sosial yang diinginkan. Yang pertama adalah Specific, dimana kamu harus memiliki tujuan yang jelas dan tidak bercabang-cabang. Kedua, Measurable atau target yang terukur agar kamu memahami apa yang media sosial kamu paling butuhkan menggunakan matriks dan KPI atau Key Performance Indicator. 


Ketiga, Achievable yakni memastikan kamu bisa mencapai target tersebut dengan pastinya memperhatikan aspek waktu, kreatifitas, dan budget yang dimiliki. Keempat, pastikan target yang kau miliki Realistic atau realistis supaya bisa memiliki ekspektasi yang terukur. Yang terakhir adalah Time Sensitive dimana artinya semua membutuhkan proses, jadi berikan waktu yang cukup untuk memastikan framework ini berjalan dengan maksimal. 


2. Kelompokan Tugas yang Serupa

Untuk mengelola media sosial dengan baik hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengelompokkan tugas yang serupa. Seperti contohnya, kalau kamu harus menulis konten untuk beberapa platform media sosial, kamu bisa melakukannya disaat yang bersamaan dengan memberikan variasi yang berbeda namun inti yang sama pada tiap konten. 


3. Memahami Waktu Terbaik untuk Posting

Selain konten, kamu juga harus memahami waktu terbaik untuk melakukan posting. Kan sayang, kalau misalnya kamu sudah membuat konten yang bagus namun engagement nya rendah. Kamu bisa menganalisis perilaku audiens di media sosial kamu dengan menggunakan fitur pada media sosial, seperti contohnya di Instagram kamu bisa menggunakan insight. 


4. Membuat Rutinitas 

Dengan adanya rutinitas yang terjadwal, kamu akan lebih mudah membuat kegiatan yang produktif dan terorganisir. Kamu bisa menggunakan planner untuk menentukan apa yang ingin kamu lakukan untuk media sosialmu per setiap hari atau minggu. Rutinitas yang terjadwal juga akan mempermudah kamu untuk mengevaluasi hasil kinerja media sosial kamu nantinya


5. Menggunakan Jasa Creative Agency

Kalau kamu sibuk atau masih belum memahami bagaimana cara melakukan manajemen media sosial yang baik, kamu tentu saja dapat meminta pertolongan kepada layanan jasa creative agency seperti SevenAds Indonesia. Cukup klik kontak pada website ini atau kirim email ke [email protected] setelah itu kamu akan dibantu untuk berkonsultasi lebih lanjut untuk menentukan manajemen konten seperti apa yang terbaik dilakukan untuk mengelola media sosial kamu! Yuk, konsultasi sekarang guyss~