Siapa sih yang gak tau hashtag disini? Kamu bisa menjumpai hashtag hampir di setiap post sosial media manapun. Biasanya kamu akan paling sering melihat penggunaan hashtag di post twitter dan instagram. Mulai dari hashtag yang masih nyambung dengan post sampai yang gak jelas itu hashtag apaan.

Tapi kamu tau gak sih, fungsi penggunaan hashtag pada setiap post di sosial media itu untuk apa? Atau kamu tim ikut-ikutan pakai hashtag biar ngikutin trend? Dibalik penggunaan hashtag, tentunya ada manfaat yang didapatkan. Ini dia beberap kekuatan “si tanda pagar” yang mungkin kamu belum tau!

  1. Mendatangkan Banyak Followers

    Walau hanya berbentuk tanda pagar, tap hashtag memiliki kemampuan mendatangkan banyak followersnya ke akun sosial media milikmu, lho! 

    Penggunaan hashtag yang spesifik dan konsisten bisa membantu postmu menjadi lebih banyak dilihat orang. Hashtag juga membantu sistem algoritma dari suatu sosial media untuk menilai seberapa baik kinerja dari hashtag yang disertakan pada suatu post. Selain itu, hashtag dapat berfungsi untuk memberikan informasi tentang seberapa banyak post yang di post terkait hashtag tersebut.

    Penyertaan hashtag yang spesifik dan sesuai tentunya juga harus diikuti dengan pembuatan konten yang menarik dan sesuai juga. Jika keduanya menarik dan bagus, makanya sangat memungkinkan hashtag bisa mendatangkan banyak followers untuk akun sosial mediamu.

  2. Mengusir “Haters”

    Kekuatan hashtag yang lainnya adalah hashtag bisa membantumu menyasar audiens yang sesuai dengan target postingan kamu. Fitur dari simbol berbentuk pagar ini mewakili suatu topik yang sedang trend di sosial media atau internet sehingga orang lain juga dapat mengikuti topik yang sedang trend tersebut. Cara kerja dari hashtag adalah mengelompokkan postingan yang disertakan dengan hashtag tersebut dengan baik dan terorganisir. 

    Dengan adanya hashtag, audiens yang melihat postinganmu adalah audiens yang memang tertarik dan sesuai dengan topik postinganmu. Jadi, selamat tinggal deh para haters.

  3. Penghubung Lintas Negara

    Kekuatan tersembunyi terakhir dan gak kalah hebat adalah hashtag dapat menjadi alat komunikasi universal yang dapat menghubungkan antar negara dan bahasa lho! 

    Semua orang dari berbagai negara dan bahasa bisa mengikuti suatu topik yang trending dan terhubung lewat suatu hashtag saja. Gak kebayang kan seberapa besar kekuatan dari si “tanda pagar” ini. Tak jurang bahkan hashtag dapat digunakan untuk menggerakkan massa dalam jumlah besar.