Siapa yang tidak mengenal dengan jajanan masa kecil seperti Momogi? Akhir-akhir ini jajanan yang digandrungi oleh banyak orang mendadak viral karena ukurannya semakin kecil dibanding dengan pertama kali muncul di pasaran. Lalu, apa sih yang menjadi penyebab menciutnya jajanan Momogi ini? Yuk kita bahas!
Shrinkflation adalah strategi brand dalam bisnis dengan melakukan penyusutan pada kuantitas produk seperti mengurangi ukuran produk secara perlahan agar menyesuaikan biaya produksi. Produk pun bisa dijual dengan harga tetap meskipun terjadi inflasi atau kenaikan harga bahan baku.
Penyebab Shrinkflation diterapkan yaitu biaya produksi yang meningkat, persaingan pasar yang meningkat, dan permintaan yang cenderung berubah. Shrinkflation biasanya diterapkan oleh brand FMCG, mereka bisa saja menaikkan harga produk namun sayangnya akan muncul masalah baru yaitu psikologis konsumen yang sensitif dengan harga produk dan juga persaingan kompetitor dalam pasar. Sehingga strategi Shrinkflation menjadi alternatifnya. Konsumen pun nggak sadar kalau produknya semakin mengecil namun harga tetap sama.
Inilah yang diterapkan oleh Momogi dan jajanan lainnya agar tetap bisa eksis di pasaran tanpa menaikkan harga produk. Dulu makan Momogi satu bungkus bisa bikin puas sekarang cuma numpang lewat di mulut kayak permen.