Engagement Rate

Secara sederhana engagement maknanya adalah komunikasi dua arah. Kuncinya adalah komunikasi ini dilakukan dua arah, alias terdapat feedback dari audience. Seorang ahli statistik internet dan penulis tentang komunikasi digital, Avinash Kaushik menjelaskan bahwa terdapat 3 kategori fitur interaksi media sosial.


Conversation : Merupakan aktivitas percakapan antara pengguna

Amplification : Merupakan aktivitas penyebaran

Applause : Merupakan respons singkat seperti like, klik dan yang lainnya.


Nah, terdapat rumus untuk menghitung engagement ini, dan hasil dari rumus itulah yang disebut dengan engagement rate.


Brand awareness

Sudah sedikit dibahas di atas tadi, brand awareness merupakan sebuah istilah seberapa luas brand kamu dikenal oleh banyak orang, atau lebih khususnya dikenal oleh calon konsumen.


Tidak hanya tahu, calon konsumen atau masyarakat harus paham apa yang ditawarkan oleh brand. Seperti apa brand tersebut dan lain sebagainya. Baru bisa dikatakan brand awareness berhasil.


CTA

CTA merupakan singkatan dari Call To Action. yang maknanya adalah ajakan untuk melakukan sebuah aksi. Biasanya di taruh di dalam konten dengan tujuan tertentu.


Misal, tujuannya untuk mengunjungi website yang tercantum didalam bio instagram. Tentunya bisa di baut CTA sederhana seperti “kunjungi website kami, klik link di bio”.


Namunagar leb berhasil kamu wajib untuk mempelajari teknik copywriting agar tidak terkesan langsung meminta audience untuk klik link di bio.


AIDA

AIDA merupakan struktur konten yang paling standar yang dibuat oleh konten creator. merupakan singkatan dari attention, interest, desire dan action.


Struktur konten ini mampu membuat orang terhanyut dalam konten dan melakukan apa yang kamu minta. Namun tentu harus diimbangi dengan teknik penulisan yang baik.


Untuk kamu yang penasaran tentang AIDA lebih lanjut, bisa cek artikel ini, Membuat Konten Instagram Dengan Rumus AIDA


KOL

KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leaders, atau orang yang memiliki pengaruh besar dan dikenal oleh banyak orang.


KOL biasanya merupakan selebgram, selebriti atau orang orang yang memiliki pengikut banyak di media sosial. Mereka akan diajak kerjasama dengan brand untuk memasarkan produk mereka dengan tujuan tertentu. Bisa hanya sebatas brand awareness atau untuk langsung meningkatkan penjualan.


Dalam memilih KOL penting untuk melihat performa akun milik di KOL. Kamu bisa pakai Toba.AI untuk melihat berapa besarnya engagement rate si KOL yang kamu inginkan, egitu pula dengan konten apa yang perform dari si KOL ini.


Content Pillar

Bila kamu belum tahu, yang dimaksud dengan content pillar merupakan pilar atau bagian bagia topik yang akan menjadi pembeda dalam konten yang memiliki nilai, ciri khas atau bahasan yang berbeda.


Misal, kamu menjual sepatu dalam konten instagram mu. Kamu bisa membuat content pillar seperti tips trik, review sepatu, dan lain sebagainya. Tentukan tema tersebut memiliki objektif masing masing.


Editorial plan

Untuk membuat atau membuat strategi konten, kamu harus membuat yang namanya editorial plan. Editorial plan merupakan seluruh rencana topik konten yang akan dibahas, bisa dibuat per minggu, dua minggu atau perbulan.


Didalamnya juga terdapat detail tanggal kapan akan diupload, beserta tema atau konten seperti apa yang akan dibuat.


Nantinya hal ini akan berguna untuk memetakan strategi yang akan dimasukan ke dalam konten.


Organic

Sedangkan kebalikan dari ads adalah organic. Jadi konten organic merupakan konten yang penyebarannya tanpa menggunakan ads.


Jadi itu adalah beberapa istilah dan sedikit penjelasan mengenai sosial media marketing. Untuk kamu yang masih ingin mendapatkan banyak ilmu mengenai marketing, kamu dapat membaca artikel lainnya di blog ini.


Kalau kamu masih kesulitan dalam mengelola social media kamu, kamu bisa menggunakan jasa social media management yang kami tawarkan untuk meningkatkan performa dari sosial media yang kamu ingin kembangkan. Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!