Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat proses digitalisasi terjadi hampir di semua sektor industri. Hal ini membuat persaingan bisnis mulai dari usaha kecil sampai menengah menjadi sangat ketat. Setiap unit usaha berlomba-lomba untuk melakukan proses digitalisasi agar dapat bersaing dan mengikuti trend.

Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid - 19 saat ini, membuat kegiatan usaha dan sosial menjadi sangat terbatas. Akibatnya, pemasukan menurun dan kondisi perekonomian menjadi tidak stabil. Mau tidak mau, digitalisasi menjadi salah satu jalan keluar.

Meski begitu, masih saja banyak pelaku UMKM yang tidak mau melakukan digitalisasi terhadap usaha mereka dan memilih untuk menjalankan usaha mereka secara tradisional seperti sedia kala. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, kalau kamu melakukan digitalisasi terhadap usahamu loh!

  1. Perubahan Gaya Hidup

    Perkembangan teknologi yang pesat membuat gaya hidup semua orang menjadi serba digital. Terlebih lagi kondisi pandemi Covid - 19 membuat orang-orang membatasi kegiatan sosial mereka dan lebih mengandalkan smartphone dan internet untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. 

    Berdasarkan hasil survei Markplus Inc. selama masa pandemi, transaksi belanja online melonjak 6 kali lipat. Kamu masih yakin gak mau melakukan digitalisasi terhadap usahamu? Daripada mengeluh karena usahamu menjadi sepi karena pandemi, lebih baik kamu mulai membuat website dan sosial media untuk mempromosikan usahamu.

  2. Menghemat Biaya 

    Dengan digitalisasi, kamu tidak perlu modal atau biaya yang besar lagi untuk usahamu. Di jaman digital ini, mau buka usaha tidak perlu modal yang besar lagi untuk menyewa lapak untuk usahamu. Cukup memanfaatkan website, sosial media dan marketplace, kamu dapat menjalankan usahamu secara online. 

    Untuk biaya pemasaran pun, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya semahal pemasaran konvensional. Dengan digital marketing, biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau, terutama untuk kamu para pelaku UMKM.

  3. Target Market yang Luas

    Digitalisasi dapat memperluas target pasar dari UMKM milik kamu. Dengan internet, kamu dapat mengenalkan usahamu tanpa batas hingga seluruh Indonesia bahkan dunia. 

    Kamu juga dapat menjangkau para pengguna smartphone apalagi belakangan ini, semua orang pasti menggunakan smartphone bahkan mengandalkannya. Semua kegiatan dapat dilakukan lewat smartphone dan internetnya. Untuk menjangkau para pengguna smartphone, kamu dapat memanfaatkan website, sosial media dan marketplace untuk mengenalkan produkmu.

  4. Meningkatkan Pendapatan

    Manfaat yang satu ini yang pasti ditunggu-tunggu. Semakin luas target market dari usahamu, otomatis pendapatan usahamu juga akan semakin meningkat. Apalagi jika kamu tepat dalam menyasar target marketmu, pendapatan dari usahamu dijamin akan berlipat ganda. 

    Banyak cara, tools dan strategi yang bisa kamu pergunakan dalam digital marketing untuk meningkatkan pendapatan usahamu. Seperti beberapa cara di bawah ini:

    • Membuat website, toko online dan sosial media untuk mengenalkan usahamu secara online

    • Melakukan pemasaran lewat sosial media. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads atau iklan pada sosial media untuk mempromosikan usahamu

    • Memanfaatkan marketplace atau e-commerce untuk berjualan secara online

  5. Cara Approach Konsumen Lebih Mudah dan Menarik

    Proses digitalisasi tentunya juga sangat membantu kamu para pelaku UMKM dalam melayani konsumen. Kamu dapat melayani konsumen secara real time kapanpun dan dimanapun dengan mudah. 

    Selain itu, digitalisasi terhadap UMKM juga membuat cara approach terhadap konsumen semakin menarik. Kamu dapat melayani konsumen lewat berbagai platform seperti website, sosial media dan marketplace. Konsumen tinggal hanya memilih saja.

  6. Berpeluang untuk Bersaing dengan Bisnis Besar

    Dalam dunia bisnis, pasti ada persaingan. Sebelum adanya digitalisasi, mungkin pelaku UMKM tidak memiliki peluang untuk bersaing dengan pelaku bisnis besar. Hal ini dikarenakan pelaku UMKM pasti akan kalah dalam memasarkan produknya sehingga produk mereka tidak akan dikenal banyak orang.

    Dengan adanya digital marketing ceritanya sudah berbeda. Pelaku UMKM memiliki peluang yang sama juga untuk bersaing dengan pelaku bisnis besar. Bahkan pelaku bisnis besar juga harus memperhitungkan kehadiran para pelaku UMKM dan tidak bisa menganggap remeh lagi.

    Jadi itu dia beberapa manfaat yang akan didapatkan para pelaku UMKM jika melakukan digitalisasi terhadap usaha milik mereka. Yakin masih gak mau digitalisasi di jaman sekarang?