Bekerja dengan influencer adalah cara terbaik bagi brand untuk memperluas audiensnya, meningkatkan kepercayaan brand, dan membuat konten User Generated Content. Namun, brand perlu hati-hati memeriksa influencer mereka sebelum memulai kerjasama. Satu hal penting yang harus diwaspadai oleh brand adalah fake followers.


Influencer Instagram dan TikTok sangat kuat karena jumlah pengikut mereka yang besar dan kepercayaan yang dimiliki pengikut mereka terhadap pendapat mereka. Di zaman sekarang ini, bukan hal yang aneh untuk memiliki ratusan ribu pengikut.


1. Cek Profile Followers Influencer

Sebelum menjangkau influencer merek potensial, lihat akun mereka untuk melihat apakah mereka memiliki pengikut palsu. Lebih mudah untuk mengetahui kapan influencer Anda diikuti oleh profil palsu daripada yang Anda pikirkan. Inilah yang perlu Anda ketahui:

Followers Tanpa Foto atau Postingan: Jika influencer diikuti oleh pengguna yang belum memposting dan/atau tidak memiliki gambar profil, Anda biasanya dapat berasumsi bahwa pengikut ini palsu. Brand juga harus mencari influencer dengan banyak pengikut akun pribadi dan nama pengguna "spam".

Komentar Tidak Relevan dan/atau Spam: Jika influencer memiliki banyak komentar, mudah untuk berasumsi bahwa pengikut mereka aktif. Lihat beberapa foto dan baca komentarnya. Jika komentarnya jelas tidak relevan atau omong kosong, itu berasal dari pengikut palsu.


2. Cek Engagement 

Jika sebuah akun memiliki ribuan pengikut, bisa diharapkan tingkat engagement mereka proporsional. Brand dapat mengetahuinya dengan membandingkan jumlah pengikut dengan jumlah suka dan jumlah komentar. 


Akun Instagram atau TikTok dengan banyak pengikut dan engagement yang sangat rendah kemungkinan memiliki banyak fake followers. Hitung engagement untuk sebuah akun dengan membagi jumlah total suka dan komentar dengan jumlah total pengikut.


Gunakan angka-angka ini sebagai patokan untuk memeriksa keterlibatan pengikut. Ambil 10 foto terakhir pengguna dan rata-rata jumlah total komentar dan suka, lalu bagi dengan jumlah pengikut dan kalikan 10 untuk mendapatkan tingkat keterlibatan rata-rata.


Nah, itu dia 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk memeriksa profile followers dari Influencer dan kamu dapat mengetahui apakah followersnya real atau fake. Jika kamu memiliki kebutuhan di Influencer marketing atau bingung menentukan influencer yang cocok dengan brand kamu, kamu dapat konsultasikan secara GRATIS ke [email protected]