Sebagai pemilik restoran, Anda mungkin selalu mencari cara baru untuk menarik lebih banyak orang ke makanan dan layanan restoran Anda. Namun, branding restoran, dan pemasaran bisa lebih sulit dari yang Anda kira. Anda tidak hanya perlu menggambar mereka, Anda juga harus membuat mereka kembali lagi.


Di sinilah ide marketing diperlukan seperti Brand activation atau campaign sebagai kunci untuk mendapatkan konsumen dari sekadar menjelajahi menu Anda hingga benar-benar mengunjungi restoran Anda dan memakan makanan Anda.


Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh ide aktivasi merek untuk membantu mendorong lebih banyak tindakan konsumen ke restoran Anda. Jika Anda ingin mengetahui cara meningkatkan dampak pemasaran restoran Anda, teruslah membaca.


1. Temukan permasalahan dan kebutuhan pasar


Dasar penjualan semua jenis produk, termasuk makanan, adalah bahwa Anda memecahkan beberapa masalah atau kebutuhan umum. Misalnya, kamu berencana untuk membuka outlet di lokasi yang panas ataupun terbuka, kamu bisa menyediakan es krim atau minuman segar lainnya untuk menarik para pelanggan.


Sebelum menjual makanan atau layanan tertentu kamu harus bisa membaca kondisi market dan memprediksikan permasalahan sehingga mampu memberika solusi yang tepat melalui produk atau layananmu.


2. Unik dan memiliki daya tarik


Kunci utama agar restoran atau cafe kamu dapat stand-out adalah memiliki keunikan dan daya tarik bagi pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk menciptakan pengalaman branding restoran yang unik adalah dengan memanfaatkan toko pop-up atau kafe. Pop-up pada dasarnya adalah ruang ritel sementara yang memberi perusahaan kesempatan untuk menjual produk mereka di ruang yang sepenuhnya dipersonalisasi. 


Contoh lainnya, membuat promo unik seperti harus melewati papan tertentu untuk mendapatkan promo 100% atau membuat challenge.


3. Aktif di Social Media


Hal terpenting yang tidak dapat kamu pungkiri hari-hari ini adalah aktif di social media. Pastikan penampilan social media-mu dapat mencerminkan restoran atau cafe-mu karena ketika audiens ingin mencari info lebih mengenai restoranmu maka mereka akan mulai mencari melalui social media terlebih dahulu.


Jangan lupa, tentukan social media yang cocok untuk branding restoran atau cafe mu. 


4. Berkolaborasi dengan influencer


Pemasaran influencer sedang populer saat ini karena memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan banyak pengikut mereka secara langsung. Anda dapat bekerjasama dengan influencer yang sesuai dengan anggaran Anda. Tekan tombol kontak di profil IG influencer makanan di daerah Anda, kemudian tekan Direct Message. Kirim pesan singkat menanyakan tarif mereka dan ungkapkan ketertarikan Anda terhadap jasa mereka. Tebarlah jaring yang luas dengan menghubungi lebih banyak orang. 


5. Program Ulang Tahun

​​Momen bertambahnya umur adalah momen yang selalu diingat oleh hampir sebagian besar orang. Ucapan ulang tahun yang sederhana saja sudah bisa menghangatkan hati orang yang sedang berulang tahun. 


Sebagai pemilik restoran, momen ulang tahun ini bisa kamu jadikan salah satu bagian dari pemasaran bisnis kuliner atau restoran kamu. Berikan diskon untuk pelanggan yang sedang berulang tahun dengan memberikan freebies kecil-kecilan, merchandise terbatas, atau free flowing drink untuk pelanggan tersebut. Pastikan cek kebenaran tanggal ulang tahunnya juga ya!


Ingat! Kamu harus selalu menyiapakan ide-ide marketing yang cemerlang agar restoran atau cafe-mu dapat dikenal dan selalu menjadi top-of-mind.