Tiktok menjadi salah satu sosial media yang kini digemari oleh semua kalangan mulai dari remaja, dewasa bahkan orang tua sekalipun. Sama seperti platform sosial lainnya, TikTok juga memberlakukan centang biru yang berarti identitas akun telah dikonfirmasi. Verifikasi umumnya disediakan untuk selebriti, brand, atau influencer. Akun-akun ini kemungkinan besar akan menjadi target peniru.

Tetapi Anda tidak harus menjadi Agnes Monica atau selebriti terkenal lainnya untuk diverifikasi. Faktanya, ada semua jenis bisnis yang terverifikasi TikTok. Pada kesempatan kali ini, yuk kita cari tahu cara mendapatkan centang biru di Tiktok!

Proses verifikasi TikTok tidak sepenuhnya jelas. Tidak ada ambang batas followers agar kamu mendapatkan centang biru dan tidak seperti platform lain, Anda tidak dapat meminta verifikasi di TikTok. Bahkan beberapa pembuat konten populer memiliki ratusan ribu pengikut (bahkan jutaan!), tetapi tidak ada centang biru.

Sebagai gantinya, TikTok menggunakan sistem verifikasi rahasianya sendiri. Staf mencari dan memberikan lencana verifikasi TikTok untuk memberi penghargaan kepada pengguna atas konten populer dan berkualitas tinggi. Tetapi ada beberapa poin data yang dicari TikTok yang dapat membantu kasus Anda.


1. Temukan target market Anda dan terus berproduksi

Membangun merek apa pun di media sosial berarti memposting konten populer dan otentik setiap hari. Setelah Anda dikenal karena sesuatu, lebih mudah untuk menarik, mempertahankan, dan menumbuhkan pengikut Anda. Itulah mengapa penting untuk mulai mengembangkan konten yang menarik dan menarik, dan terus melangkah.


2. Dapatkan featured di media lain

Nggak cuma muncul di Tiktok, jika kamu bisa muncul untuk di liput oleh media traditional lainnya seperti berita, tv, radio, podcast ataupun lainnya bisa jadi kesempatan kamu untuk mendapatkan centang biru dari Tiktok.


3. Telah terverifikasi di platform media sosial lain

Jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memungkinkan Anda mengajukan permohonan verifikasi. Itu tidak berarti lebih mudah untuk diverifikasi Tiktok, tetapi ini sedikit lebih mudah.


Masing-masing platform tersebut memiliki serangkaian kualitasnya sendiri yang mereka cari agar dapat dipenuhi oleh pengguna untuk diverifikasi:

  • Facebook suka memverifikasi akun yang profesional, representasi resmi dari suatu merek.
  • Twitter memverifikasi akun aktif dan terkenal yang termasuk dalam salah satu dari enam kategori berbeda. Dalam beberapa kasus, Anda harus memberikan bukti kelayakan atau keaslian.
  • Instagram adalah kacang yang sulit untuk dipecahkan. Pada dasarnya, itu hanya akan memverifikasi akun yang memiliki peluang bagus untuk ditiru.

Diverifikasi di platform sosial lain meningkatkan peluang Anda untuk diverifikasi di TikTok. Tanda centang biru di Facebook, Twitter, atau Instagram memungkinkan tim TikTok mengetahui bahwa Anda adalah orang yang memiliki cap nyata di internet. Dan Anda dapat menghubungkan akun tersebut ke akun TikTok Anda.



4. Mengikuti Trend, dan menjadi Viral!

Cara yang paling mudah untuk kamu lakukan yaitu membuat konten yang sesuai dengan trend, dengan kualitas video yang berkualitas dan related dengan target audience kamu. Semakin sering dan semakin kamu mengikuti trend bisa jadi peluang untuk viral semakin besar.

Cobalah untuk memposting video 4-5 kali dalam sehari jika kamu baru memulai, lalu kemudian 2 kali sehari jika kamu sudah cukup aktif di Tiktok. Semakin banyak video yang kamu hasilkan maka akan semakin berpeluang untuk FYP!


5. Ikuti aturan

Langkah terakhir dan yang terpenting adalah mengikuti pedoman komunitas dan persyaratan layanannya. Jika Anda melanggar aturan tersebut, moderator TikTok akan menandai akun Anda. Sayangnya, sebuah pelanggaran dapat merusak peluang Anda untuk diverifikasi.