Engagement rate adalah metrik dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial, khususnya di Instagram dan Facebook. Indikator satu ini wajib dipahami oleh para marketer dan influencer untuk mengukur keterlibatan audiens dengan post mereka.


Bila sebuah konten mendapatkan banyak perhatian dari followers, secara langsung pengetahuan publik terhadap brand akan meningkat. Engagement rate dapat membantu kamu untuk tahu bagaimana performa dari konten yang ada pada Instagram brand kamu. Dengan followers yang banyak, kamu belum bisa menilai bahwa Instagram kamu memiliki engagement yang tinggi. 


Intinya, engagement ini dinilai berdasarkan interaksi dari audiens platform kamu terhadap profil media sosial dari brand kamu. Hal ini terlihat dari mana yang lebih banyak dan yang lebih sedikit jumlah engagement-nya.


Angka dari engagement rate ini akan dipengaruhi dengan interaksi yang dilakukan oleh audiens seperti klik, follow, likes, dan komentar. Berikut beberapa rumus untuk kamu dapat menghitung ER dengan akurat:


1. Engagement rate berdasarkan reach (ERR)

Rumus ini mengukur persentase jumlah orang yang berinteraksi dengan kontenmu setelah melihatnya.


Terlepas apakah orang tersebut termasuk sebagai followers-mu atau bukan.


ERR = (Jumlah engagement per post / reach per post) x 100


2. Engagement rate berdasarkan post

Cara ini bisa dilakukan, kalau akun Instagram Anda memiliki angka reach post yang mengalami naik turun dan tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu angka reach post di insight Instagram. 


ER Post = (Jumlah engagement dalam satu post / total followers) X 100. 


3. Engagement rate berdasarkan impression

Kamu bisa mengukur tingkat engagement rate berdasarkan impression.


Ketika reach mengukur jumlah orang yang melihat kontenmu, impression sendiri dalam engagement rate adalah seberapa sering sebuah konten tampil di layar user.


ER impression = (Jumlah engagement dalam satu post / Jumlah impression) x 100


4. Engagement rate berdasarkan views

Jika kamu menggunakan video sebagai bentuk konten di media sosial, kamu pun bisa mengecek engagement rate-nya loh


ER view = (Jumlah engagement dalam post video / Jumlah views video) x 100


5. Engagement rate per daily

Cara ini tidak bisa dilakukan untuk membedakan mana followers yang melihat postingan berulang kali, dan mana user baru. Akibatnya, hasilnya bisa dikatakan kurang akurat. 



ER per daily = (Jumlah engagement di hari A/ total followers) X 100. 


Nah itu dia beberapa rumus untuk menghitung ER sesuai kebutuhan kamu. Kalau kamu paling suka menganalisis konten dengan rumus yang mana nih?~