Brand persona adalah ciri kepribadian, sikap dan nilai yang ditampilkan oleh brand secara teratur untuk membantu terhubung dengan segmen audiens brand atau bisnis. Dengan kata lain brand persona adalah cara kamu menggambarkan sebuah brand jika itu adalah seorang manusia.
Brand personality menjadi hal yang orang rasakan dalam brand setiap kali mereka berinteraksi dengan produk, konten media sosial, dan layanan pelanggan. Brand personality ini dapat berupa orang, karakter, maskot, atau ide.
Pentingkah Brand Persona untuk Bisnis?
Ya, memiliki persona merek dapat menjadi penting bagi bisnis karena membantu membangun kepribadian dan nilai merek, yang pada gilirannya dapat membantu menarik dan mempertahankan pelanggan. Brand persona pada dasarnya adalah representasi merek seolah-olah itu adalah seseorang, dengan karakteristik dan sifat yang mencerminkan nilai dan tujuan merek.
Misalnya, jika sebuah bisnis memiliki persona merek yang ramah dan mudah didekati, kemungkinan besar bisnis tersebut akan menarik pelanggan yang mencari pengalaman belanja pribadi yang sederhana. Di sisi lain, jika sebuah bisnis memiliki persona merek yang formal dan bergengsi, mungkin akan lebih menarik bagi pelanggan yang mencari pengalaman berbelanja yang mewah dan mewah.
Mengembangkan persona merek juga dapat membantu bisnis untuk membedakan dirinya dari pesaing, karena memungkinkan merek untuk mengomunikasikan nilai dan kepribadian uniknya kepada pelanggan potensial.
Selain itu, persona merek yang kuat dapat membantu bisnis membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan audiensnya, karena memberikan pesan yang jelas dan konsisten tentang apa yang diperjuangkan merek dan apa yang dapat ditawarkannya.
Secara keseluruhan, memiliki persona merek yang terdefinisi dengan baik dapat menjadi aset berharga bagi bisnis, karena membantu menciptakan identitas merek yang kuat dan mudah diingat yang dapat menarik dan mempertahankan pelanggan.
Berikut contoh brand persona yang bisa kamu terapkan pada bisnismu:
Sincerity: Persona ini berarti brand yang berempati dan baik hati.
Competence: Persona ini adalah pemimpin berpengaruh yang dapat membantu pengguna atau mempengaruhi mereka untuk bertindak.
Excited: Persona yang bersemangat ini senang melakukan apa saja dan memulai petualangan dengan mudah.
Rugged: Persona yang lebih berotot ini atletis dan tangguh.
Sophisticated: Persona ini memancarkan keanggunan, gaya dan prestise.
Jadi, sekarang sudah mengerti kan betapa pentingnya brand persona untuk bisnis kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan untuk bisnismu, Goodluck~