Persaingan bisnis   yang   semakin   ketat   di   zaman   sekarang   ini, setiap perusahaan  dituntut  untuk  mampu  bersaing  dan  mengatur  strategi  yang  efektif untuk dapat  memenuhi  kebutuhan  konsumen  serta berusaha  untuk  menciptakan suatu  produk  yang  mempunyai  keunggulan  dan berbeda  dengan produk  pesaing, persaingan  ini  pun  tidak  mampu  lagi  dihindari  oleh  perusahaan  berskala  besar maupun kecil. Dengan Niche Market dapat membantu kamu menembus industri yang sudah padat persaingannya sekaligus membedakan usaha kamu dari kompetitor yang lebih pioneer.

Namun, apa sebenarnya niche market itu? dalam artikel ini, kamu akan pengertian niche market dan mengetahui keuntungan melakukan strategi Niche Market untuk bisnis kamu. Selamat membaca!

Apa itu Niche Market?

Menurut University of Arizona,  Niche Market adalah segmen dalam target audiens Anda yang lebih besar yang memiliki karakteristik demografis, perilaku pembelian, dan gaya hidup yang serupa. Pemilik usaha kecil sering berfungsi sebagai perusahaan khusus, menargetkan industri atau tipe konsumen tertentu. Melalui taktik pemasaran strategis, industri khusus dapat menggunakan pemasaran dan iklan untuk secara langsung menarik  Niche Market mereka.

Salah satu contoh sederhana dari Niche Market ada di dalam industri perangkat komputer. Dalam industri ini, Anda dapat menemukan pasar laptop gaming dan pelajar. Kedua pasar tersebut memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda dari segi keuangan dan kebutuhannya.

Perlu dipahami bahwa dengan menggunakan strategi Niche Market ini bukan berarti kamu akan selamanya akan berkutat di hal yang itu itu saja ini, jika kamu sudah menguasai niche ini, kamu bisa mengembangkan bisnis untuk menjual produk yang mirip-mirip. Misalnya anda fokus menjual produk untuk menyembuhkan jerawat, nantinya anda bisa menjual produk untuk orang yang memiliki kulit berminyak. Jadi penerapan Niche Market bisa dimulai dari yang kecil dan spesifik dahulu. Selanjutnya bisa dikembangkan ke market yang lebih besar.

Keuntungan melakukan strategi Niche Market

1. Mempererat hubungan dengan konsumen

Dengan melakukan Niche Market kamu mentarget orang dengan tipe yang spesifik atau dapat dikatakan bahwa produk kamu akan dijual ke orang dengan market yang sangat kecil dengan memasarkan produk ke dalam market yang kecil ini memiliki keuntungan yang bermacam-macam. Salah satunya adalah meningkatkan relasi dengan customer dengan kebutuhan tertentu, semakin sedikit dan spesifik orang yang anda target, maka anda akan semakin mudah fokus membuat interaksi yang berkualitas dan menjaga relasi dengan customer, hal tersebut dikarenakan kamu sudah mendapat gambaran tipe produk apa yang mereka suka, cara berkomunikasi yang mereka lakukan, dan banyak karakteristik lainnya yang anda ketahui.

2. Niche Market mengurangi persaingan dalam bisnis

Memasarkan produk atau jasa yang memiliki karakteristik yang sangat spesifik membuat anda semakin “spesial” di mata calon konsumen, hal tersebut akan mempengaruhi persaingan dengan bisnis lainnya karena semakin special bisnismu semakin sedikit bisnis yang berkompetisi mengejar market itu. Selain itu pebisnis lain yang tidak memiliki produk yang spesifik menyasar target tertentu juga akan sulit meng-copy strategi anda. Kebanyakan dari kompetitor harus memproduksi produk yang mirip terlebih dahulu baru bisa meniru strategi anda. Disaat mereka belum melakukan ini lah anda harus pintar-pintar menguasai market sebelum ditiru.

3. Meningkatkan kepekaan dari calon konsumen kamu

Salah satu cara untuk menarik untuk mudah dilihat dan dikenal orang adalah dengan menawarkan sesuatu yang berbeda dari kompetitor. Efek penawaran yang berbeda dan spesifik ini selain meningkatkan jumlah customer juga meningkatkan online presence. Bisnis yang memiliki produk yang unik atau berbeda lebih mudah dikenali di kera

4. Meningkatkan review positif (Word Of Mouth)

Salah satu kelebihan dari niche marketing adalah dapat meningkatkan promosi dari mulut ke mulut yang mengapa demikian? Dengan melakukan niche marketing secara tidak langsung men-set peluang dari market yang sangat spesifik dan senang berdiskusi dengan orang dengan karakteristik yang mirip. Misalnya anda menjual produk skincare untuk vegan dengan klaim cruelty free, besar kemungkinan customer kamu juga adalah vegan dan hanya menggunakan produk cruelty free. Jika mereka membeli produk kamu dan mereka puas maka mereka besar kemungkinan juga akan memberitahukan temannya. 

5. Niche Market membantu menguatkan pandangan konsumen terhadap bisnismu

Analoginya seperti ini, misalnya anda punya penyakit masalah gatal-gatal di kulit anda dan anda ingin mengobatinya. Apakah anda memilih untuk pergi ke dokter biasa atau dokter spesialis kulit? Tentu kebanyakan memilih pergi ke dokter kulit karena mereka dianggap lebih ahli menangani masalah anda. Mereka belajar dan sudah menangani ratusan, ribuan atau mungkin jutaan pasien yang punya masalah di kulit. Dokter spesialis kulit tentu punya tarif harga yang berbeda dan lebih tinggi dibanding dokter umum. Namun customer akan lebih percaya dan berani membayar lebih karena mengetahui keahlian dan  pengalaman dokter spesialis.Begitu juga ketika anda menjual produk, ketika anda bilang produk ini khusus untuk menangani masalah yang sangat spesifik. Mayoritas lebih percaya dengan produk anda dibanding produk yang terlalu kegunaannya terlalu umum.

 

Kesimpulan

Walaupun bisnis anda menargetkan orang-orang dengan skala yang lebih kecil dan spesifik, tujuannya tetap sama. Dengan menentukan niche maka anda fokus untuk menjadi ikan besar di kolam yang kecil. Jika anda mencoba berkompetisi di market yang terlalu umum dan besar, anda akan sulit menang. Ambil satu area dan coba berkonsentrasi disana agar bisa tampil beda dari yang lain.