Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, Revolusi Industri 4.0, yaitu sebuah revolusi industri di abad 21 di mana terjadi perubahan besar–besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi atau bahkan menghilangkan sekat–sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi.

Revolusi ini ditandai dengan adanya pemanfaatan teknologi–teknologi baru dalam berbagai bidang, seperti kecerdasan buatan, robot, blockchain, teknologi nano, komputer kuantum, bioteknologi, Internet of Things, Printer 3D, dan kendaraan tanpa awak. Sebagaimana halnya dengan revolusi-revolusi industri sebelumnya, Industri 4.0 berpotensi meningkatkan kualitas hidup umat manusia di seluruh dunia.

Gaya hidup seorang individu di seluruh dunia pun mengalami perubahan drastis di masa Industri 4.0 ini. Kalau dahulu banyak orang di dunia ini hanya memanfaatkan komputer dan internet untuk berkomunikasi saja, kini di masa Industri 4.0 komputer dan internet telah menjadi bagian dari seluruh aspek kehidupan manusia sehari – hari, mulai dari berkomunikasi, bekerja, belajar, berbelanja, hiburan, dan lain sebagainya.

Perubahan – perubahan yang diakibatkan Industri 4.0 pada dunia industri dan perubahan perilaku konsumen telah memaksa terjadinya perubahan pada dunia bisnis juga. salah satu faktor yang menjadi kunci kesuksesan suatu bisnis dalam industri adalah inovasi. Untuk suatu bisnis yang menginginkan kemajuan, perkembangan, dan mempertahankan bisnisnya di masa depan maka inovasi bisnis adalah hal yang sangat diperlukan untuk bisnis. Pentingnya inovasi bisnis ini dilakukan yaitu agar perusahaan mampu bertahan, berjaya dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang dihadapkan pada berbagai pergolakan bisnis. Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, inovasi bisnis harus wajib dilakukan oleh pelaku bisnis jika ingin bisnisnya bisa tetap bertahan.

Dalam konteks bisnis, inovasi dapat berkaitan dengan memodifikasi model bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan unggul. Tanpa melakukan inovasi, bisnis akan terasa kurang menarik dan kurang diminati. Perusahaan maju dan berkembang adalah perusahaan yang selalu berinovasi.

Bentuk inovasi dalam bisnis pun bermacam-macam. Diantaranya, inovasi produk, sistem internal atau proses kerja, hingga model bisnis. Inovasi usaha sendiri tidak melulu soal peningkatan kualitas produk atau jasa yang dijual, tapi bisa juga melalui perbaikan distribusi, branding, serta sistem promosi yang dijalankan. Tergantung pada tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan. Agar inovasi dalam bisnis terus berkelanjutan, maka penting untuk sebuah bisnis menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam bisnisnya atau sistem kerja yang terstruktur.

Terus kenapa ya suatu bisnis perlu melakukan inovasi bisnis?

1. Sebagai Pembeda Atau Ciri Khas Perusahaan

Inovasi dalam bisnis bertujuan untuk melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor dalam industri dan bidang yang sama. Jika suatu bisnis ingin berinovasi yang difokuskan pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada di pasaran. Selain itu, bisa juga dengan melakukan inovasi pada cara atau sistem kerja perusahaan. Dengan begitu, suatu perusahaan bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.

2. Meminimalisir Persaingan

Setiap bisnis akan melakukan inovasi bisnis sehingga persaingan bisnis yang terus terjadi dan semakin lama persaingan bisnis tersebut akan semakin ketat. Inovasi merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Mau tidak mau pelaku bisnis dituntut agar lebih kreatif serta peka terhadap lingkungan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan.

3. Bisnis tetap relevan

Inovasi bisnis merupakan kemampuan beradaptasi mutlak yang harus dilakukan dalam dunia bisnis jika ingin bisnisnya tetap relevan di tengah gempuran perubahan zaman. Kini, teknologi menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya era baru inovasi di seluruh model bisnis dan industri.

Oleh karena itu, inovasi sangat diperlukan bagi semua bisnis, baik bisnis besar maupun yang sedang merintis. Tujuannya, agar tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah.

4. Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Setiap perusahaan mempunyai cara dan jalan tersendiri untuk tumbuh, mencapai tujuan dan kesuksesan. Cara paling tepat jika ingin mengembangkan skala bisnis dengan cepat dan luas adalah dengan melakukan inovasi pada model bisnis atau produk. Melakukan inovasi bisnis juga merupakan salah satu strategi untuk menaikan omset penjualan.

5. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan konsumen merupakan salah satu hal yang harus dimengerti oleh sebuah bisnis guna menciptakan sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Agar produk tetap dicari oleh konsumen, maka suatu bisnis harus bisa menciptakan inovasi sesuai dengan permintaan pelanggan.